Saturday, July 9, 2011

HTC Sensation, Memang Sangat Menggoda

HTC Sensation, Memang Sangat Menggoda

Jakarta - HTC akhirnya merilis ponsel Android pertama mereka yang sudah menggunakan prosesor dua inti, Sensation. Produk ini tidak hanya bertenaga, namun juga memiliki penampilan yang memikat. Yuk, ulas satu persatu.

Desain dan Interface

Awal menggengam ponsel ini, detikINET terpikat dengan tampilan seluruh permukaannya, cukup tipis namun nyaman digenggam. Tak pelak kesan kokoh dipertegas dengan perpaduan bahan almunium dan plastik di bagian belakang.



Di HTC Sensation tidak banyak tombol fisik yang melekat. Tidak ada menu atau sejenisnya, bahkan tidak juga tombol khusus kamera, yang ada hanya tombol volume dan power di bagian atas.

HTC Sensation memiliki dimensi layar 4,3 inchi dengan resolusi 540 x 960 pixels. Cukup besar memang, namun tak menyulitkan pengguna menggengamnya dalam satu tangan. Bentuknya yang mengusung tanpa sudut juga berhasil menyembunyikan kesan besar pada ponsel ini.

Untuk interface, ponsel ini sudah mengusung HTC Sense versi 3.0, jadi memang sangat berbeda sekali dengan produk HTC sebelumnya.



Animasi perpindahan home screen di dalamnya terlihat menarik, mungkin karena HTC Sense 3.0 sudah memanfaatkan kinerja GPU untuk tiap animasinya.

Ada beberapa penambahan shortcut dalam Sensation yang tidak ada ponsel HTC lainnya. Misalnya 4 shortcut aplikasi yang ada pada lock screen, dan ini semua disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Menilik lebih lanjut ke bagian dalam. HTC juga menyediakan langsung menu Quick Setting yang terletak di sebelah bar notifikasi. Isinya, beberapa pengaturan seperti menghidupkan Bluetooth, Wifi, GPS, Mobile Network, dan yang baru adalah Task Manager untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai.

Seluruh aplikasi pada HTC Sensastion bisa ditampilkan dalam tiga kategori: seluruh aplikasi, aplikasi yang sering digunakan, dan aplikasi pihak ketiga yang diunduh pengguna. Selain itu tampilan lainnya tidak banyak berbeda dari ponsel HTC lainnya.

Spesifikasi Sangar

HTC Sensastion memang terbilang mengusung spesifikasi yang sangat tinggi. Bagaimana tidak? Untuk prosesor saja sudah menggunakan Qualcomm MSM 8260 Snapdragon dual core 1,2 Ghz, memori 768 MB RAM, GPU Adreno 220, dan kamera 8MP. Tapi sayang, kapasitas penyimpanannya hanya 1GB.



Untuk mengetahui seberapa tangguhnya ponsel ini mengolah aplikasi kelas berat, detikINET melakukan pengujian melalui beberapa aplikasi benchmark seperti Quadrant v1.1.7 dan AnTuTu Benchmark v2.0.1. Hasilnya?

Pada aplikasi AnTuTu Benchmark HTC Sensation berhasil menorehkan angka sebesar 4550, sedangkan pada Quadrant hanya mendapatkan 2173. Bukan yang tercepat di kelasnya memang, namun cukup tangguh melahap aplikasi terberat sekalipun. Sebagai catatan, aplikasi Quadrant yang dicoba detikINET tidak mengenali spesifikasi ponsel ini dengan baik.

Kualitas Kamera dan Audio

HTC Sensation memiliki kamera utama 8MP di bagian belakang yang mampu menjepret gambar pada resolusi 3264x2448 pixel, dilengkapi dengan autofocus serta dua lampu flash LED agar gambar kian cemerlang. Sedangkan bagian depan ada kamera kecil beresolusi 640X480 pixel.



Hasil jepretan ponsel ini di luar ruangan terlihat baik dan cepat, namun sayang hasil fotonya terlihat kurang tajam. Tapi jika digunakan untuk merekam video, hasilnya sangat baik pada resolusi 1080p @30fps.

Seperti ini hasil fotonya di luar ruangan




Untuk kulitas suara, jangan berharap banyak pada keluaran speaker internal karena memang tidak dirancang untuk musik tapi ketika didengarkan melalui headphone atau speaker, wuihh.. dentumannya keras terdengar. Sebagai penunjang ponsel ini juga telah mendukung teknologi SRS.



Daya Baterai

Ponsel dual core mamang cukup identik dengan konsumsi baterai yang boros, lalu bagaimana dengan HTC Sensation?

Pertama, detikINET menggunakan ponsel ini sebagai gadget kedua, yang berarti hanya digunakan sebatas browsing, email, social networking dan lainnya tanpa panggilan telepon atau SMS. Dan ternyata, ponsel ini sanggup bertahan 21 jam dengan koneksi 3G yang selalu online.

Dan kedua detikINET menggunakan sebagai ponsel utama untuk dipakai sesuai kebutuhan sehari-hari. Hasilnya terpaut cukup jauh, HTC Sensation hanya bertahan sekitar 10 jam.



Kesimpulannya, HTC Sensation memang menawarkan segenap fitur yang jarang ada pada ponsel di kelasnya, mulai dari desain kompak yang elegan hingga sejumlah fitur menarik. Ponsel ini juga dibanderol pada harga yang cukup masuk akal, Rp 5,5 juta. Tertarik memilikinya?

Kelebihan
+ Performa tinggi
+ Resolusi layar tinggi
+ Desain menarik

Kekurangan:
- Memori internal kecil
- Baterai boros

Spesifikasi:


 




( eno / ash )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment