Friday, May 13, 2011

Login ke Facebook Bisa Pakai Kedipan Mata

Jakarta - Untuk bisa mengakses sebuah file rahasia, seseorang harus terdeteksi oleh teknologi pengenalan iris atau selaput pelangi pada mata yang tertanam di komputer. Nah, teknologi dalam film fiksi ilmiah ini segera digunakan untuk keperluan yang lebih luas.

Untuk pertama kalinya, teknologi pengenalan iris diadaptasi untuk digunakan oleh konsumen umum. Dengan demikian, mereka juga bisa merasakan sistem pengamanan canggih ini dan melakukan login ke file pribadi atau semua akun personal, termasuk Facebook, dengan hanya mengedipkan mata.

Hoyos Group, perusahaan sistem keamanan bimoetrik asal New York, Amerika Serikat, EyeLock. Produk keamanan ini yang menghubungkan komputer personal dengan pemindai iris ini segera dipasarkan di AS.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Jumat (13/5/2011), EyeLock yang diperkenalkan pada konferensi teknologi Finovate ini diklaim Hoyos sebagai perangkat pemindai iris portabel pertama dan satu-satunya yang diperuntukkan bagi konsumen saat ini.

EyeLock, seukuran kartu bisnis standar, terkoneksi dengan komputer pengguna dengan kabel USB. Setelah software terinstal dan terkonfigurasi ke komputer, semua pengguna yang ingin mengakses komputer harus mencocokkan iris mereka dengan alat pemindai. Dengan demikian, hanya penggunanya saja yang bisa mengaksesnya.

"Kapanpun Anda log in, pemindai ini membaca iris dan menciptakan 'kunci masuk' yang unik berupa sederet nomor. Kunci masuk ini akan berbeda-beda setiap kali Anda akan log in, sehingga tidak seorang pun bisa meretasnya," kata Tracy Hoyos selaku Asisten Marketing Hoyos Group.

EyeLock dibanderol seharga USD 99. Namun belum disebutkan kapan segera dirilis ke pasaran.



( rns / rou )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment