Wednesday, May 11, 2011

Dunia Siap Bangun 183 Juta Sambungan Berbasis IP

Kuala Lumpur - Era broadband dengan akses jaringan berbasis protokol internet (IP) telah benar-benar dimulai. Dalam lima tahun ke depan bahkan diperkirakan ada 183 juta sambungan baru yang akan dibangun di seluruh dunia.

"Sebanyak 186,3 juta sambungan berbasis IP akan dibangun mulai 2011 hingga 2015 nanti, dimana 71,6 juta di antaranya dibangun di Asia Pasifik," papar senior analis dari market intelligence Heavy Reading, Jim Hodges, di Broadband Transformation Summit 2011, di Mandarin Oriental Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (11/5/2011).

Menurutnya, salah satu layanan yang memicu pertumbuhan broadband selain akses internet ialah layanan televisi berbayar melalui medium internet (IPTV). "Layanan IPTV di Asia Pasifik tumbuh dobel digit setiap tahunnya," lanjut Hodges.

Bagi negara-negara lain di Asia Pasifik, layanan IPTV telah menjadi salah satu pemasukan terbesar mereka. Misalnya, China Telecom, Telekom Malaysia, Telstra Australia, dan PLDT Filipina. Langkah untuk menyelenggarakan IPTV ini juga mulai diikuti Telkom dalam upayanya merevitalisasi telepon kabel yang telah lama stagnan pertumbuhannya.



( rou / wsh )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment