Friday, May 20, 2011

Telkomsel Targetkan Miliaran dari Nama Alias

Jakarta - Telkomsel menargetkan bisa mengeruk pendapatan sedikitnya Rp 10 miliar dari pelanggan aktif fitur Call My Name (CMN) hasil besutan bersama dengan Infomedia.

Layanan CMN merupakan fitur baru yang digelar Telkomsel dan Flexi. Lewat fitur ini pelanggan dapat memiliki nama alias untuk melakukan panggilan telepon atau mengirimkan SMS.

Vice President Digital Music & Content Management Telkomsel Krish Pribadi, memproyeksikan dari sekitar 100 juta pelanggan Telkomsel saat ini sebanyak 450 ribu hingga 500 ribu di antaranya akan memanfaatkan layanan ini.

"Kami menargetkan pendapatan Telkomsel dari Call My Name bisa mencapai sekitar Rp8 miliar hingga Rp10 miliar sampai akhir 2011," ujar Krish di Blowfish, Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Ia menjelaskan, dengan Call My Name pelanggan tidak perlu lagi menekan nomor ponsel yang dituju karena dapat diakses hanya mengetik nama alias kemudian SMS ke 9787.

Selain untuk memudahkan pelanggan karena tidak harus masuk ke phonebook, layanan ini juga menjadi solusi komunikasi tanpa mengetahui nomor ponsel yang akan dituju.

Selain Telkomsel dan Telkom Flexi, layanan Call My Name juga dimanfaatkan PT Infomedia Nusantara, anak perusahaan PT Telkom yang bergerak pada jasa penyediaan layanan digital media.

"Khusus pelanggan korporasi yang ingin membuat nama alias akan ditangani langsung oleh Infomedia," kata
Direktur Utama Infomedia Muhamad Awaluddin.

Hingga akhir tahun 2011, ia menargetkan dari 25.000 perusahaan yang terdaftar dalam Yellow Pages, sebanyak 2.000-3.000 perusahaan akan memiliki nama alias.

Ia mencontohkan, ketika pelanggan seluler Telkomsel dan Flexi mengetik "Pizza" kemudian SMS ke 9787, maka akan tersambung ke Pizza Hut.

Kemudian, ketika pelanggan mengetik "Taksi" kemudian SMS ke 9787 maka bisa tersambung ke nomor layanan Express Taxi atau BlueBird, misalnya.

"Nama alias akan menjadi sangat efektif untuk berpromosi bagi suatu perusahaan, karena akan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan yang dibutuhkan," ujarnya.

Infomedia menargetkan layanan Call My Name bisa menciptakan pendapatan baru sekitar Rp3 miliar sepanjang 2011 ini.




( rou / eno )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment