Friday, May 20, 2011

Robot Bisa Ciptakan Bahasa Sendiri

Jakarta - Apa jadinya jika robot memiliki bahasa sendiri? Mungkin kita akan takjub sekaligus terbengong-bengong melihat para robot saling berkomunikasi dengan cara mereka sendiri. Wow!

Para peneliti dari University of Queensland di Brisbane, Australia, dengan bangga menunjukkan bahwa robot ciptaan mereka, Lingodroid, mampu menciptakan bahasa sendiri.

Cara kerja Lingodroid, disebutkan mereka, cukup kompleks. Namun secara sederhana, dijelaskan tim pencipta Lingodroid bahwa robot mereka dilengkapi dengan kamera dan laser yang memungkinkannya mengerahkan kemampuan berbahasa. Robot menghasilkan 'kata' berdasarkan gambar dan situasi yang ditangkapnya melalui kamera di tubuhnya.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (20/5/2011), Lingodroid dirancang untuk bisa bekerja bersama dalam sebuah tim dan memetakan area di mana mereka berada. Ketika salah satu robot menemukan area baru, dia akan menyimpan data lokasi dan memberi nama area tersebut dengan kata yang dihasilkannya.

Informasi lokasi itu lantas dibagi ke Lingodroid lain di area tersebut. Selanjutnya, robot lain menambahkan area yang telah ditemukan ke peta mereka sehingga lebih mudah dikenali dari namanya. Robot ini bisa berjalan ke lokasi tertentu ketika diperintahkan oleh robot lain.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment