Monday, May 16, 2011

Robot Terbang akan Gantikan CCTV

Jakarta - Kamera CCTV mungkin segera menjadi perangkat kuno dengan kehadiran robot yang satu ini. Para ilmuwan mengembangkan robot terbang lengkap dengan sistem intelijen canggih yang bisa memata-matai dan melacak pelaku kriminal.

Pengguna hanya tinggal menunjukkan sebuah lokasi pada Google Maps yang tampil di kontroler layar sentuh pada robot tersebut. Selanjutnya, robot akan terbang pada kecepatan 30 mil per jam untuk merekam video berkualitas HD di sekitar lokasi itu. Video juga bisa ditampilkan ke iPhone secara real time.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Senin (16/5/2011), robot bernama Scout ini bisa terbang pada ketinggian hingga 500 kaki atau sekitar 152 meter. Scout bisa mengambil gambar secara zoom in dari jarak 300 meter. Artinya, Scout bisa melakukan misinya tanpa harus dekat-dekat dengan objek yang sedang dimata-matainya.

Dikembangkan oleh tim ilmuwan di Aeryon Labs yang berpusat di Kanada, robot mungil dengan empat baling-baling ini juga dirancang tidak berisik sehingga tidak menimbulkan bunyi ketika sedang merekam situasi.

Para pengembangnya mengklaim, Scout menjadi perangkat mata-mata paling canggih yang ada saat ini. Kelebihan lainnya, Scout juga memungkinkan pengguna bisa melihat situasi yang direkam Scout dari jauh melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga smartphone.




( rns / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment