Wednesday, May 18, 2011

Kamera Mata-matai Asupan Gizi Anak

Jakarta - Pentingnya menjaga asupan gizi bagi para siswa sekolah rupanya menjadi pertimbangan penting sebuah sekolah di San Antonio, Amerika Serikat (AS). Mereka sampai harus memasang kamera pengintai di kantin, untuk memonitor makanan yang dikonsumsi para siswa.

Tak hanya merekam, dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (18/5/2011), kamera ini dibekali kemampuan membaca bar code yang tertera di nampan makanan. Dengan demikian, sangat mudah mengidentifikasi setiap anak dan asupan makanannya.

Sistem pengawasan yang dipasang di San Antonio ini merupakan proyek kolaborasi dengan Departemen Pertanian AS yang menyuntikkan dana sebesar USD 2 juta.

"Sistem ini akan menangkap gambar makanan apa saja yang dibawa dalam nampan ke kasir, lalu mengukur kalorinya. Kami pun akan tahu apa saja yang telah disajikan untuk anak-anak," kata Dr. Roberto Trevino dari Social and Health Research Center di San Antonio.

Adapun proyek ini bertujuan untuk mendapatkan informasi rinci tentang apa yang dimakan anak-anak di setiap daerah dan hubungannya dengan tingkat obesitas pada anak-anak. Selanjutnya, tim proyek akan menggunakan data ini untuk membuat rencana asupan nutrisi yang lebih baik.




( rns / fyk )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment