Friday, May 20, 2011

Situs Pemerintah Apalagi yang Dibidik Hacker?

Jakarta - Belakangan ini seorang hacker yang menamakan dirinya eidelweiss, mulai menyerang beberapa situs pemerintah. Mulai dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) hingga situs keuangan Palembang. Lalu kira-kira situs mana lagi yang menjadi target selanjutnya?

Menurut keterangan salah satu hacker yang dihubungi detikINET, situs pemerintah yang terserang itu memiliki satu kesamaan, yakni menggunakan Content Management System (CMS) gratisan dari Joomla.

"Web templatenya (Lemhannas dan situs keuangan Palembang) menggunakan Joomla, yang bugnya belum dipatch," ujar hacker yang tidak ingin disebutkan namanya ini, Jumat (20/5/2011).

Masih menurut hacker tersebut, tidak sedikit situs pemerintah yang menggunakan template Joomla, dan tidak tertutup kemungkinan situs itu bakal menjadi korban selanjutnya.

Tumbangnya beberapa situs pemerintah diduga kuat karena kurang diurus, misalnya saja situs mabes polri yang menurut database Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) sudah expired sejak 30 Januari 2008 silam. 




( eno / fyk )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment