Sunday, May 15, 2011

iPhone 4 dan Angry Birds Ukir Rekor Dunia

Jakarta - Suatu keistimewaan ketika Guinness World Records menyandangkan gelar tercepat, terbesar, terpanjang dan julukan 'ter-' lainnya kepada sesuatu hal atau seseorang. Nah, iPhone 4 dan Angry Birds, mengukir rekor dunia untuk ranah teknologi dan game. Rekor apa yang berhasil disabet keduanya?

Dalam pernyataannya yang dirilis pekan ini, pencatat rekor ternama ini menyebutkan App Store Apple sebagai salah satu platform gaming revolusioner dalam sejarah dan telah menjadi penantang serius dalam rekor gaming.

Dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip detikINET dari Digital Trends, Minggu (15/5/2011), Gaming Editor Guinnes World Records Gaz Deaves juga menyinggung kekuatan iPhone.

"Dirilisnya iPhone, tak hanya mengubah indsutri mobile, tetapi juga dunia video game. Apple telah menciptakan ruang baru yang besar untuk dirinya di genre game casual yang secara literal menghadirkan hiburan bagi pengguna dimana pun mereka berada," terangnya.

Dalam kategori sistem gaming portabel tercepat penjualannya, Guinnes World Records menobatkan iPhone 4 di urutan nomor satu. Publik pun mungkin masih ingat, pada hari pertama penjualannya pada 24 Juni di 2010, 1,5 unitn iPhone 4 laris manis bak kacang goreng.

Sebagai perbandingan, disertakan pula PSP dan Nintendo DS. Dua konsol ini terjual 200 ribu dan 500 ribu unit pada peluncuran perdananya di 2005 dan 2004.

App Store menjadi toko aplikasi paling populer versi Guinnes World Records. Dalam tiga tahun, unduh aplikasi di App Store telah melampaui 6,5 miliar kali.

Angry Birds juga menjadi perhatian Guinnes World Records. Game yang tengah naik daun ini mencetak rekor sebagai game terlaris di berbagai negara.

"Game ini diakui sebagai top paid-for game di App Store Apple, di 67 wilayah di dunia. Sejak diluncurkan pada Desember 2009, Angry Birds tercatat telah terjual lebih dari 6,5 juta kopi," kata Deaves.

Dan seperti diketahui, Angry Birds kini tak hanya ada di iPhone saja, tetapi merambah ke ponsel dengan sistem operasi lain seperti smartphone berbasis Android dan Windows Phone 7.



( rns / eno )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment