Thursday, August 11, 2011

Saingi Apple, Amazon Rilis Kindle Cloud Reader

Saingi Apple, Amazon Rilis Kindle Cloud Reader

Jakarta - Aplikasi web makin bervariasi dengan datangnya Kindle Cloud Reader besutan Amazon. Aplikasi ini berbasis HTML 5 sehingga memungkinkan user untuk mengakses konten-konten Kindle di cloud dan juga di Kindle Store.

Peluncuran piranti pembaca buku elektronik berbasis web ini menanggapi perubahan kebijakan yang dikeluarkan Apple dan bisa dibilang aplikasi ini sebagai aksi hantam balik ke perusahaan Steve Jobs tersebut.

Apple sejak bulan Februari melarang publisher aplikasi iOS untuk menjual konten seperti ebook di luar sistem pembelian Apple. Dalam sistem ini, Apple memotong 30% dari penjualan sehingga pihak publisher banyak yang mundur, termasuk Amazon yang berkompetisi dalam hal penjualan buku elektronik.

Kindle Cloud Reader bisa bekerja secara optimal di browser Safari versi desktop, browser Chrome versi dekstop dan Safari di iPad (bukan iPhone). Amazon mengatakan, pihaknya akan segera melebarkan aplikasi ini ke Internet Explorer, Firefox dan browser BlackBerry Playbook serta browser mobile lainnya.

"Kami membuat aplikasi ini berbasis HTML5, jadi konsumer juga bisa mengakses konten secara offline," ujar direktur Amazon Kindle Dorothy Nicholls dalam pernyataannya.

Peluncuran aplikasi berbasis HTML 5 oleh Amazon menyusul pembuatan aplikasi serupa oleh perusahaan-perusahaan lain untuk mengambil alih kontrol dari Apple. Pada bulan Juni lalu, The Financial Times menawarkan aplikasi HTML5 pada pengguna iPad dan produsen ebook reader Kobo juga tengah mengembangkan aplikasi berbasis sama, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (11/10/2011). ( sdj / rns )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment