Saturday, August 13, 2011

Hitachi Ingin Sederhanakan Komputasi Awan

Hitachi Ingin Sederhanakan Komputasi Awan

Jakarta - Banyak yang mengira jika penerapan cloud computing (komputasi awan) merupakan sesuatu yang rumit. Padahal tidak selalu demikian adanya. Sejumlah vendor bahkan sudah memiliki cara untuk membuatnya menjadi sederhana.

Salah satunya seperti yang dilakukan Hitachi Data Systems yang baru saja merilis solusi konvergensi data center yang diklaim dapat mempercepat dan menyederhanakan penerapan komputasi awan secara otomatis.

Solusi tersebut memadukan sistem storage kelas enterprise dan komputasi blade dari Hitachi dengan sejumlah komponen infrastruktur jaringan standar sehingga bisa digunakan pada berbagai jenis lingkungan komputasi awan.

Fungsi dari solusi konvergensi data center Hitachi ini adalah menggelar pondasi komputasi awan atau disebut juga infrastruktur awan dengan memadukan beberapa komponen sekaligus yang mencakup storage, komputasi dan jaringan data.

Selama ini, penerapan awan dalam organisasi privat terhambat karena ketiadaan standar, integrasi dan sertifikasi penggelaran awan yang bisa diandalkan dan dapat diprediksikan hasilnya.

"Hitachi Data Systems sangat fokus untuk menyederhanakan dan mempercepat lingkungan awan pelanggan sekaligus melindungi investasi TI mereka," kata Sunil Chavan, Director Software Group & Cloud Asia Pacific Hitachi Data Systems.

Terrance Maximus Tangit, Managing Director Hitachi Data Systems Indonesia & Asean Emerging Market, menambahkan bahwa solusi konvergensi data center ini adalah komponen bangunan utama bagi pelanggan agar mereka bisa meningkatkan efisiensi TI, menangani semua masalah pada data secara efektif dan menghilangkan silo-silo data.

"Melalui solusi ini, kami membantu organisasi di Indonesia mengadopsi salah satu model penghantaran komputasi awan dengan kecepatan yang paling masuk akal bagi bisnis mereka," umbar Terrance, dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2011).





( ash / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment