Thursday, August 11, 2011

Facebook Messenger: Media Chatting Baru Facebooker

Facebook Messenger: Media Chatting Baru Facebooker

Jakarta - Facebook baru saja merilis aplikasi messenger untuk iOS dan Android. Di dalamnya ada beberapa fitur mengirim pesan baik melalui jaringan 3G, WiFi, atau via SMS. Yuk, kupas satu per satu fiturnya.

Facebook Messenger terbilang mendapat sambutan meriah dari pengguna. Dalam waktu singkat, aplikasi tersebut langsung merajai daftar aplikasi yang paling banyak diundah pada iTunes Store.

Di Android Market, aplikasi ini memang belum memuncaki deretan aplikasi gratis terlaris diunduh, tapi sudah terinstal di lebih dari 500 ribu gadget dengan rata-rata respons baik dari pengguna.

Penasaran dengan aplikasi ini, detikINET langsung mengunduhnya melalui Android Market versi web.

Proses mengunduhnya tak memakan waktu lama, hanya beberapa detik menggunakan jaringan 3G. Setelah secara otomatis menginstal, aplikasi akan meminta nomor telepon pengguna, selesai diisi maka Facebook Messenger siap digunakan.

Chatting dan SMS

Facebook Messenger dirancang agar para Facebooker bisa saling berkirim pesan dengan mudah, baik pesan berbentuk teks ataupun gambar. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan mengirim pesan via SMS, hanya saja kenyataannya tidak senikmat konsep yang ditawarkan.

Ketika digunakan untuk chatting dengan teman yang online di komputer, aplikasi ini memang berjalan mulus, bisa berbagi teks dan gambar dengan mudah. Namun berbeda jika ingin mengirim SMS, meski pesan dilaporkan terkirim tetapi tidak sampai ke nomor yang dituju.

Fitur tambahan lain dalam aplikasi ini adalah lokasi. Pengguna bisa saling berbagi lokasi dengan teman ngobrolnya lebih mudah. Untuk mengaktifkannya, silakan tekan tombol arah panah di sebelah kanan pesan yang akan dikirim, untuk mematikannya tinggal tekan sekali lagi.



Chatting Tanpa Terganggu

Mungkin salah satu fitur yang spesial di aplikasi Facebook Messenger adalah pengguna memungkinkan untuk selalu menerima notifikasi pesan secara real time. Jadwal bisa disesuai, mau diatur berkala selama 1 jam atau hanya menerima pesan di waktu tertentu. Inilah yang bisa membatasi kenyamanan pengguna ketika online.

Secara keseluruhan, aplikasi ini memang layak dijajal pengguna Facebook, apalagi jika Anda tergolong pengguna yang gemar ngobrol melalui jejaring sosial tersebut. Namun bukan berarti kehadirannya tanpa celah.

Kehadiran Facebook Messenger sebagai aplikasi terpisah dari Facebook terdahulu, bisa dibilang sedikit merepotkan. Sebab pengguna harus memiliki dua aplikasi ini sekaligus dalam satu gadget. Belum lagi ketika dijajal detikINET pada ponsel berbasis Android 2.3, aplikasi masih sering crash dan tertutup dengan sendirinya.



Aplikasi Facebook Messenger sudah bisa diunduh secara gratis di Android Market untuk ponsel Android 2.2 (Froyo) atau versi terbaru. Dalam menguji aplikasi ini detikINET menggunakan HTC Desire Z dengan sistem operasi Android 2.3. ( eno / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment