Tuesday, August 9, 2011

Rekrut Pegawai, Perusahaan Lirik Facebook


 
Rekrut Pegawai, Perusahaan Lirik Facebook


Jakarta - Selain LinkedIn, para pemilik perusahaan kini juga mulai melirik Facebook sebagai alternatif lain yang bisa dipercaya untuk merekrut pegawai baru.

Memang, LinkedIn masih mendominasi bentuk jejaring sosial bagi kalangan bisnis profesional. Namun sekarang banyak perusahaan yang melihat potensi Facebook dengan lebih dari 750 juta orang ini. Mereka juga tertarik mengetahui lebih jauh calon pegawainya dengan mengenali mereka melalui Facebook.

Setidaknya contoh ini ditunjukkan beberapa perusahaan yang disurvei di Amerika Serikat (AS). Waste Management misalnya, perusahaan layanan ramah lingkungan asal Houston, Texas ini menyebutkan mayoritas trafik ke situs pencarian karir miliknya datang dari pengguna yang mengklik melalui pagenya di Facebook.

Melihat respons seperti ini, Waste Management lantas menambahkan video para pegawainya di page mereka dan memerintahkan para staf SDM agar berbicara langsung dengan anggota Facebook guna mencari 1.500 calon pegawai baru.

Namun seperti dilansir Forbes dan dikutip detikINET, Selasa (9/8/2011), saat digunakan untuk mencari calon pegawai, Facebook juga bisa menjadi pedang bermata dua. Federal Trade Commission (FTC) AS baru-baru ini menetapkan standar baru ketika memberi lampu hijau kepada perusahaan bernama Social Intelligence Corp (SIC) untuk screen para pelamar kerja berdasarkan postingan Facebook dan Twitter mereka.

SIC kini bisa melacak temuan negatif tentang kegiatan seseorang di Facebook. Misalnya, informasi bahwa calon pegawai tersebut bergabung dengan jaringan sosial yang rasis. Selanjutnya, informasi itu disimpan SIC hingga tujuh tahun.

Pemilik perusahaan juga bisa mendapatkan informasi mengenai calon pegawai potensial melalui informasi yang dikumpulkan SIC melalui profil Facebook, bahkan meski profil pengguna tersebut dalam pengaturan 'private'. Pencarian sederhana Google juga bisa menampilkan halaman Facebook seseorang dan menampilkan informasi personal, foto dan apa saja yang di 'Like' olehnya.

Namun yang jelas sisi baiknya adalah, kini kita bisa juga mencari pekerjaan dengan mengunjungi halaman Facebook sebuah perusahaan. Dari perekrutan ini, mereka akan melihat apakah Anda potensial untuk bekerja di perusahaannya atau tidak. Nah, bersiaplah. Tampilkan profil Anda seprofesional mungkin. Siapa tahu ada perusahaan baru yang menggaet Anda!
Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment