Friday, December 2, 2011

Tumbangkan Firefox, Chrome Buntuti Internet Explorer

Tumbangkan Firefox, Chrome Buntuti Internet Explorer

Jakarta - Laporan terbaru dari firma riset StatCounter, browser Chrome untuk pertama kalinya bertengger di urutan kedua sebagai browser yang paling banyak digunakan di komputer secara global. Firefox yang sebelumnya di posisi kedua pun terjungkal.

Dilansir Digital Trends dan dikutip detikINET, Jumat (2/12/2011), Chrome mengambil jatah 25,7 persen pangsa pasar browser global pada November. Padahal dua tahun lalu, browser milik Google ini hanya menempati porsi 4,5 persen dan menghadapi persaingan ketat dengan para 'senior' seperti Opera dan Safari milik Apple.

Lantas, siapa yang memuncaki pasar ini? Sudah bisa ditebak, Internet Explorer ternyata masih mendominasi dan belum bergeser dari singgasananya. Browser milik Microsoft ini tercatat menguasai 40 persen pasar browser di dunia.

Sementara popularitas Chrome melejit dan Internet Explorer masih berjaya, Firefox besutan Mozilla terus mengalami tren penurunan tren yang dimulai sejak akhir 2010. Pangsa pasar Firefox saat ini jatuh menjadi 25,23 persen sehingga harus terjungkal ke posisi ketiga.

Di ranah mobile browser untuk smartphone dan tablet, fluktuasi terus dialami browser Android dan Opera Mini, sementara BlackBerry dan Symbian sama-sama memperoleh porsi tiga persen di pangsa pasar ini.

Keberuntungan masih menyelimuti Safari yang bertahan di posisi puncak dengan pangsa pasar 55 persen. Dominasi ini didukung penggunaan Safari di perangkat iPhone dan iPad.

Sementara itu, penggunaan browser untuk perangkat konsol masih dikuasai PlayStation 3. Browser untuk konsol lainnya termasuk Opera, WebTV dan Internet Explorer.




( rns / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment