Tuesday, November 29, 2011

IdeaPad Y570, Si Besar yang Bertenaga

IdeaPad Y570, Si Besar yang Bertenaga

Jakarta - Lenovo IdeaPad Y570 adalah laptop kelas high end. Dilihat dari ukurannya, laptop ini benar-benar besar. Bagian dalamnya juga dibekali dengan spesifikasi yang berbobot, dalam arti mampu menampilkan performa komputasi yang mumpuni. Mari kita simak lebih jauh seperti apa kemampuan laptop yang satu ini.

Desain Besar

IdeaPad Y570 secara kasat mata memang memiliki ukuran yang tebal dan cukup berat untuk ditenteng. Mungkin ini akan sedikit menyulitkan bagi mereka yang suka membawa laptop untuk berbagai keperluan.

Eksterior laptop berbahan plastik solid dengan semacam tekstur berwarna hitam. Sekelilingnya dihiasi aksen berwarna orange untuk menambah gaya. Sedangkan bagian interior dalamnya terbuat dari semacam metalik.

Keyboard di laptop ini bergaya chicklet dengan ukuran besar dan cukup lebar rentang jaraknya antara satu dengan yang lain. Tombol keyboard juga memiliki semacam kontur untuk menyesuaikan dengan ujung jari. Secara umum, keyboard ini nyaman ditekan untuk keperluan mengetik.

Tidak seperti di kebanyakan laptop, area touchpad di Y570 terletak agak menyamping ke sebelah kiri. Lagi-lagi, ukurannya lebar sehingga pengguna bisa bergerak dengan bebas untuk mengendalikan laptop.

Berbagai macam tombol dan port menghiasi sekujur bodi IdeaPad Y570. Laptop gambor tersebut dilengkapi dengan port USB, USB/eSata combo port, 6-in-1 SD card reader (SD, SD-pro, MMC, MS, MS-pro and XD), headphone jack, mic jack, konektor VGA monitor, HDMI, RJ-45 Ethernet port dan 2xMini-PCIe.

Secara keseluruhan, penampilan Y570 memang biasa-biasa saja. Laptop ini agaknya memang tidak mengutamakan gaya sebagai daya tarik utama namun lebih kepada sisi fungsionalitas.

Performa berbobot

Dengan bentang layar 15,6 inch widescreen, Y570 nyaman digunakan untuk menyaksikan konten multimedia. Resolusi layarnya mencapai 1.366 x 768 dan dapat memutar video HD 720p. Secara umum, tampilan layar cukup cemerlang meskipun tidak ada yang istimewa dalam teknologinya.

Lenovo membenamkan prosesor Intel core i7 2630 Sandy Bridge dengan Intel Turbo Bosst Technology dan memory DDR3 4 GB. Di sektor grafis, Y570 mempercayakannya pada Nvidia GeForce GT555M yang dilengkapi dengan teknologi Nvidia Optimus. Teknologi ini dapat mengoptimalisasi penggunaan kartu grafis.

Komputer jinjing ini memiliki kapasitas hardisk lega sebesar 750 GB SATA yang tentunya bisa memuat banyak data. IdeaPad Y570 juga mengandalkan Windows Enhanced Experience 2.0 untuk mempercepat waktu loading Windows 7 yang diusungnya.

Bisa ditebak, IdeaPad Y570 pun memiliki performa bagus dalam menangani tugas komputasi sehari-hari. Ia bisa menjelajah web, mengecek email dan mengerjakan software Office dengan baik, tanpa kendala. Pemutaran video dan video streaming juga berjalan lancar.

Output Suara Mantap

IdeaPad Y570 memakai Windows 7 Home Premium dengan berbagai software lainnya seperti bundling software untuk webcam, CyberLink YouCam. Lenovo juga menyertakan fitur sekuriti khasnya, Veriface. Fitur ini mampu mengenali wajah pengguna sebagai kunci untuk masuk ke dalam sistem laptop.

Tools lain yang disertakan oleh Lenovo seperti OneKey Rescue untuk back up sistem dan Recovery. Untuk keamanan dari terjangan virus, sudah disediakan McAfee VirusScan Plus.

IdeaPad Y570 membawa baterai 6 cell yang diklaim bisa bertahan sampai 4 jam untuk pemakaian normal. Ketahanan baterai ini tentunya bisa berkurang jika pengguna menggunakannya untuk terus menerus main game atau mengakses internet. Ketika diujicoba memakai secara wajar, mengakses internet dan memutar video, baterai memang dapat bertahan kurang lebih 4 jam.

Di bidang suara, Lenovo menyertakan speaker dari JBL. Suara yang terdengar dari dua speakernya terbukti mendetail dan nyaman di telinga. Malah terdengar lebih menggelegar dibandingkan dengan laptop yang lain. Diputar dalam volume tinggi pun, output suara tidak pecah.

Kesimpulan

IdeaPad Y570 adalah laptop yang berbobot luar dalam. Selain memang benar-benar berbobot dan besar bentuknya, performa yang diusungnya juga mumpuni. Wajar memang mengingat laptop ini termasuk dalam jajaran multimedia. Memang jika dilihat dari tampangnya, laptop ini terkesan biasa saja. Namun fungsi dan kemampuannya bertenaga. Sektor multimedia juga ditanganinya dengan baik. Peminat bisa menebusnya di kisaran harga Rp 11 juta.

Kelebihan:
- Perfoma multimedia solid
- Kinerja tinggi
- Speaker jernih

Kekurangan:
- Desain biasa saja, bobot berat




( fyk / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment