Saturday, December 3, 2011

BPPT Buka Jalan Ekspansi Awan Fujitsu

BPPT Buka Jalan Ekspansi 'Awan' Fujitsu

Jakarta - Keberhasilan Fujitsu memenangkan tender cloud computing di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), membuka jalan bagi perusahaan teknologi asal Jepang itu untuk mengekspansi sektor pemerintahan dan usaha kecil menengah (UKM) yang jumlahnya puluhan ribu di Indonesia.

"BPPT adalah instansi pemerintah pertama yang mengadopsi komputasi awan dan menjadi pengguna Fujitsu Cloud pertama di Indonesia," kata Achmad S Sofian, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, dalam media gathering di Hotel Phoenix, Yogyakarta, akhir pekan ini.

Fujitsu dipilih untuk membangun infrastruktur berbasis cloud yang dikonfigurasikan sepenuhnya untuk data center dan knowladge management system melalui tender yang digelar BPPT pada Oktober 2011 lalu. BPPT sendiri menggunakan model private cloud yang akan digunakan oleh Balai Jaringan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKnet) dan Pusat Data Informasi.

"Proyek ini kami perkirakan selesai dalam waktu dua bulan dan akan rampung pada Januari 2012. Namun infrastruktur awan BPPT sudah beroperasi 80% saat peresmiannya Desember ini," papar Achmad tanpa mau menyebut nilai tender yang dimenangkan Fujitsu.

Platform Fujitsu yang digunakan BPPT antara lain terdiri dari server PRIMERGY dan sistem storage ETERNUS yang didukung oleh ServerView Resource Orchestrator V3 (ROR V3). Fujitsu juga menyediakan jasa studi kelayakan, serta merancang arsitektur sistem dan implementasi yang jadi bagian dari Fujitsu Cloud Profesional Services.

"Cloud yang kami tawarkan bersifat cloud-enabler, sebab BPPT sebelumnya juga sudah memiliki hardware yang bisa menunjang pembangunan komputasi awan," papar Rully Indra Kelana T, Country Head Infrastruktur Integration Services, Fujitsu Indonesia.

Pengadopsian komputasi awan diharapkan dapat mempercepat penerapan e-Government di Indonesia. Efisiensi yang ditawarkan diyakini bisa memangkas jalur birokrasi di pemerintah kota/kabupaten sehingga bisa meningkatkan layanan publik lebih cepat dan lebih baik.

Melalui adopsi Fujitsu Cloud ini, diungkapkan oleh Rully, BPPT sudah memperoleh kepercayaan dari Pemkab Cimahi dan Pemkab Pekalongan untuk meningkatkan layanan publik mereka yang berbasis infrastruktur awan.

"Ke depannya, BPPT akan menargetkan untuk memperluas layanannya ke pemerintah kota/kabupaten lainnya, serta segmen usaha kecil dan menengah lainnya yang jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu di Indonesia," pungkasnya.


Keterangan foto: Presdir Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan saat ikut membangun rumah korban Gunung Merapi di Yogyakarta dalam program corporate social responsilibility (CSR).



pungkasnya.


Keterangan foto: Presdir Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan saat ikut membangun rumah korban Gunung Merapi di Yogyakarta dalam program corporate social responsilibility (CSR).


( rou / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment