Friday, July 15, 2011

Telkomsel dan XL Mulai Pasarkan BlackBerry Playbook


BlackBerry Playbook (dok.Telkomsel)

Jakarta - Tak lama setelah diluncurkan oleh Research in Motion (RIM), dua operator seluler terbesar di Indonesia langsung menggebrak dengan merilis paket bundling BlackBerry Playbook.Seperti apa bundling yang dikeluarkan Telkomsel dan XL Axiata?

Oleh Telkomsel, BlackBerry Playbook tersedia dalam tiga tipe, yakni 16 GB yang dibundling dengan harga Rp 4.999.000, 32 GB Rp 5.999.000, dan 64 GB Rp 6.999.000. Harga yang sama juga dikeluarkan oleh XL. Keduanya memiliki penawaran dengan nilai tambah tersendiri untuk bundling yang akan diedarkan di pasar mulai 16 Juli 2011 ini.

Dalam keterangan Telkomsel disebutkan, mulai 16 Juli, BlackBerry Playbook keluarannya telah tersedia di GraPARI se-Jabodetabek dan Bandung. Sementara bundling BlackBerry Playbook XL disediakan di 14 XL Center yang tersebar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Bali.

Dari sisi penawaran Telkomsel, pada 16 dan 17 Juli 2011, pemegang kartu kredit BCA yang membeli BlackBerry Playbook di gerai Selular Shop Mal Kelapa Gading, Mal Pondok Indah, Mal Taman Anggrek, Mal Lippo Karawaci, dan Mal Metropolitan Bekasi akan mendapatkan gratis mobile Wi-Fi serta gratis tiga bulan paket data unlimited Telkomsel.

"Dalam waktu dekat, BlackBerry Playbook juga akan tersedia di wilayah-wilayah lain di Indonesia," kata VP Channel Management Telkomsel Gideon Edie Purnomo dalam rilisnya, Jumat (15/7/2011).

Sementara XL yang memasarkan Playbook dengan range harga mulai dari Rp 4,9 juta, menawarkan gratis layanan XL BlackBerry Full Service tiga bulan, bundling dengan handset BlackBerry mulai Rp 1,9 juta-an, dan fasilitas cicilan 0% bagi pengguna kartu Mandiri.

BlackBerry Playbook merupakan komputer tablet kelas profesional yang dikembangkan RIM. Dengan desain ultra-portable yang elegan, BlackBerry Playbook menampilkan fitur web browsing berkualitas, didukung Adobe Flash Player, sistem operasi QNX dengan kemampuan membuka berbagai aplikasi secara bersamaan (true multitasking), serta multimedia yang memainkan video beresolusi high-definition.

Playbook bisa beroperasi apabila terkoneksi dengan smartphone BlackBerry yang sudah dilengkapi paket layanan BlackBerry yang aktif. Dengan menghubungkan kedua device ini dengan aplikasi BlackBerry Bridge dan koneksi Bluetooth, semua aktivitas mobile lifestyle di smartphone BlackBerry dapat pula dilakukan di BlackBerry Playbook.

Bersamaan dengan peluncuran komputer tablet BlackBerry Playbook, Telkomsel juga menyediakan paket layanan BlackBerry terbaru bernama BlackBerry Extreme. Melalui paket layanan ini, pelanggan simPATI dapat menikmati unlimited layanan streaming di BlackBerry Playbook dengan tarif bulanan hanya Rp 99.000.

Paket BlackBerry Extreme merupakan pengembangan dari paket BlackBerry Unlimited yang selama ini dinikmati pelanggan. Di samping full services berupa unlimited layanan push mail, chatting, browsing, social networking, paket BlackBerry Extreme juga menyediakan unlimited layanan streaming, baik audio maupun video.

Menurut Gideon, seiring tingginya pertumbuhan jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel yang kini telah mencapai 2 juta pelanggan, penggunaan smartphone BlackBerry untuk streaming maupun sebagai modem semakin meningkat.

"Sekitar 50% dari seluruh pelanggan BlackBerry Telkomsel memanfaatkan BlackBerry untuk menyaksikan video streaming di Youtube, Metacafe, Facebook, dan sebagainya, serta mendengarkan radio streaming," ujarnya.

Ia menambahkan, pemanfaatan berbagai aplikasi dan fitur dalam BlackBerry Playbook yang dibundlingnya akan didukung jaringan akses berkapasitas 2 Gbps. Seluruh layanan Telkomsel didukung oleh 39.000 Base Transceiver Station (BTS), termasuk 8.600 Node B (BTS 3G) di seluruh Indonesia.

Sementara jumlah pelanggan BlackBerry XL telah mencapai lebih dari 1,2 juta pelanggan. Kata Joy, untuk menjamin kenyamanan dan kualitas layanan XL juga telah meningkatkan kapasitas bandwidth BlackBerry-nya menjadi 1,6 Gbps melalui dua penyedia layanan infrastruktur yang berbeda (dual carrier partner).

Layanan XL BlackBerry juga didukung oleh 23.267 BTS (2G/3G) per akhir Maret 2011. Untuk mendukung pelayanan BlackBerry, XL menyediakan 24 Xperience Land di 14 kota, antara lain di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Lampung, Pelembang, dan Jambi.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment