Wednesday, July 13, 2011

Penjualan Tablet PC Anjlok 28% di Q1

Penjualan Tablet PC Anjlok 28% di Q1

Jakarta - Bisnis tablet PC tak selamanya meroket. Menurut lembaga analis IDC, penjualan komputer layar sentuh secara global mengalami penurunan 28% pada kuartal I (Q1) 2011. Apa sebabnya?

Dikutip detikINET, Rabu (13/7/2011), dalam laporannya IDC memaparkan bahwa pada tiga bulan pertama awal 2011 ini pengapalan tablet secara global hanya mencapai angka 7,2 juta unit. Sementara di Q4 2010, sebanyak 10,1 juta unit tablet telah terjual di seluruh dunia.

Industri tablet PC belakangan memang tangah naik daun. Tetapi mengapa di Q1 penjualannya justru menurun? Marilah kita lihat lebih dalam.

Q4 2010 penjualan tablet secara global memang naik tajam karena faktor Natal dan Tahun Baru. Banyak orang ingin memiliki berbagai tablet yang ditawarkan vendor saat itu. Nah, satu bulan kemudian siapa yang ingin membeli tablet baru?

Publik saat itu diyakini lebih memilih menanti kehadiran iPad 2 yang baru hadir April 2011. Kondisi inilah yang membuat penjualan tablet kuartal I menurun 28%.

Dari angka penjualan di atas, tebak siapakah jawaranya? Siapa lagi kalau bukan iPad dan iPad 2. Saat vendor lain berlomba-lomba memahami kebutuhan pasar dengan penyesuaian tablet yang ditawarkan, Apple sudah melanglang buana dengan tablet mereka. Kita tinggal tunggu data penjualan IDC di Q2 nanti. Apakah Apple masih mendominasi pasar tablet?




( fw / ash )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment