Tuesday, July 12, 2011

Cloud Jadi Bisnis Unggulan Telkom

Cloud Jadi Bisnis Unggulan Telkom

Jakarta - Cloud computing diharapkan menjadi salah satu layanan unggulan Telkom dari empat area pertumbuhan yang dapat meningkatkan omzet portofolio bisnis teknologinya. Itu sebabnya, Telkom pun merevitalisasi layanan TelkomCloud.

TelkomCloud merupakan payung bagi layanan-layanan Cloud Computing yang dimiliki Telkom, yakni TelkomVPS dan TelkomCollaboration yang ditujukan untuk pelanggan usaha kecil dan menengah.

"Kami sudah meluncurkan TelkomCloud sejak 2010 lalu. Layanan ini merupakan pengembangan dari layanan yang sebenarnya sudah dilakukan sejak awal 2000 melalui bisnis IT Managed Services yang meliputi IT Operation Management Services, Data Recovery Services dan Data Center Infrastructure," papar Operating Vice President Public Relation Telkom Agina Siti Fatimah di Grha Citra Caraka, Jakarta, Senin (11/7/2011).

Cloud Computing adalah solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang memungkinkan pelanggan menyewa dan memanfaatkan layanan TIK, dengan pengelolaan infrastuktur, platform maupun aplikasi dilakukan oleh provider, tanpa adanya investasi di sisi pelanggan.

Layanan Cloud Computing secara garis besar dapat dikelompokan menjadi, Infrastructure as a Service (IAAS),Platform as a Service (PAAS), sampai kepada Software as a Service (SAAS) yang seluruhnya disalurkan ke pelanggan melalui jejaring yang aman dan terpecaya.

Diungkapkan Agina, layanan TelkomCloud telah digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri, dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang sangat mementingkan security terhadap pengelolaan data yang mereka miliki.

Sebagai upaya revitalisasi TelkomCloud, telah dilakukan pembenahan infrastruktur IT dan platform pendukung TelkomCloud, penambahan layanan dan bundling dengan layanan Virtual Private Network (VPN) Telkom sedemikian rupa sehingga layanan TelkomCloud juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi.

Layanan baru yang ditambahkan ke dalam portofolio Telkom antara lain Virtual Private Server (VPS) non-windows, Storage as a Services sebagai VAS dari VPS, vDataCenter atau solusi Virtual Private Data Center, dan layanan Web Conferencing/online meeting (WebEx) bermitra dengan Cisco.

Melalui langkah revitalisasi ini, Telkom berharap dapat memulai perannya sebagai penyedia layanan Cloud Computing (Cloud Computing Service Provider) untuk pelanggan enterprise dan sekaligus UKM.

Melalui kekuatan kompetensi IT managed service yang didukung oleh data center berstandar internasional serta layanan konektivitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Telkom kata Agina, bertekad memberikan layanan Cloud Computing dengan jaminan kualitas dan security end-to-end yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan enterprise.

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment