Wednesday, June 29, 2011

Pembesut FarmVille Bisa Raup USD 2 Miliar dari IPO

Pembesut FarmVille Bisa Raup USD 2 Miliar dari IPO

Jakarta - Zynga tengah bersiap melakukan Intial Public Offering (IPO). Aksi go public itu diprediksi bisa mendatangkan dana segar hingga USD 2 miliar bagi perusahaan online social gaming tersebut.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (29/6/2011), menurut sumber yang dekat dengan isu ini, underwriter IPO Zynga bakal dipimpin oleh Morgan Stanley.

Zynga terbilang cukup populer di ranah game sosial. Game besutannya di Facebook -- FarmVille dan Mafia Wars -- dilaporkan telah memiliki 215 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Tak ayal, Zynga menjadi pembesut game yang diperhitungkan di situs besutan Mark Zuckerberg itu. Mereka biasanya mendapat pemasukan dari transaksi penjualan virtual item seperti traktor dan senjata di dalam game yang dimainkan pengguna.

IPO belakangan dipilih sebagai cara singkat mendatangkan dana segar bagi perusahaan media sosial. Sebelumnya, LinkedIn juga melakukan langkah serupa dengan hasil cukup memuaskan.

Saham LinkedIn laku pada nilai USD 45 per lembar, tepat di batas atas dari range yang telah dikeluarkan pihak LinkedIn sebelumnya.

LinkedIn menjual 7,84 juta saham dengan nilai total USD 352,8 juta. Perkiraan harga yang dikeluarkan LinkedIn sebelumnya adalah USD 32-35, kemudian dinaikkan menjadi USD 42-45.

Saat ini LinkedIn memiliki valuasi USD 4,25 miliar. Meski cukup 'wah' angka itu terbilang kecil dibandingkan Facebook yang divaluasi pada USD 70 miliar atau Zynga yang diperkirakan bisa mencapai valuasi USD 15-20 miliar.

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment