Tuesday, June 28, 2011

Nokia E6, Rasa Baru Symbian Anna

Jakarta - Nokia menghadirkan 2 ponsel baru lanjutan OS Symbian^3. Mereka adalah Nokia E6 dan X7, dengan OS bernama Symbian Anna. Simak ponsel qwerty-touch lanjutan Nokia E72 berikut.

Pada dasarnya, Nokia E6 merupakan ponsel qwerty dengan penyempurnaan display layar sentuh. Dari fisiknya, ponsel ini sangat standar seperti produk-produk qwerty Nokia lain. Dengan list silver Nokia masih membenamkan kesan elegan di jajaran ponsel penerus E72 ini.

Jika dulu Nokia E72 hadir dengan tombol navigasi sentuh ala BlackBerry, kini E6 tidak. Jadi ponsel ini tak dilengkapi touchpad navigasi layaknya E72.



Keypad ponsel ini didesain dengan gaya baru. Masih seperti standar ponsel qwerty Nokia, terdapat shortcut kelender, kontak, email, dan home di bagian tengahnya. Sangat nyaman dijangkau ketika kita menariknya dari saku. Nah, pada Symbian Anna ini, tombol opsi dan back tidak berupa tombol fisik melainkan dibenamkan dalam layar.



Dengan ukuran layar 2,46 inch, Nokia E6 memiliki resolusi tinggi hinga di atas 300 dpi. Sebenarnya resolusi ini hampir menyamai retina display milik iPhone 4. Namun layar Nokia tetap tampak lebih gelap dengan default brightness standar.

Tombol volume masih terletak di sisi kiri, dengan tombol fisik unlock di sampingnya. Sementara di sisi sebaliknya terdapat port USB yang tertutup rapi. Desain menonjol seperti Nokia N8 terdapat di bagian belakang body ponsel ini, seolah menandakan ponsel ini dilengkapi kamera 8 megapixel dengan dual LED flash. Tepat di kirinya terdapat sebuah speaker.


Kesimpulan:

Walau bagaimanapun juga, hanya dengan mengupgrade OS saja tak mungkin membuat Nokia memimpin kembali tahta ponsel pintar. Bagi pengguna setia produk Nokia, ponsel ini sangat layak dimiliki karena fitur-fiturnya yang bisa mengikuti tren ponsel pintar saat ini. Pengguna yang berminat dapat memilikinya dengan harga Rp 3,5 Juta.

Kelebihan:
+ OS terasa lebih responsif
+ Display bening

Kekurangan:
- Kamera belum autofokus
 
Spesifikasi:

  • Dimensi: 115.5 x 59 x 10.5 mm
  • Display: TFT layar sentuh kapasitif
  • Resolusi: 640x480 pixel dengan teknologi Gorilla Glass
  • Kamera: 8 megapixel
  • OS : Symbian Anna
  • CPU: 600 Mhz ARM 11
  • Baterai: Li-Ion 1500 mAh (BP-4L)
 

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment