Sunday, June 26, 2011

Acer, Asus, dkk Bikin Laptop Android Berbasis ARM?

Jakarta - Acer, Asus, Samsung dan Toshiba dikabarkan sedang mengembangkan laptop dengan prosesor berbasis ARM dan menjalankan OS Android. Menurut laporan, laptop tersebut akan diluncurkan ke pasar pada akhir tahun 2011.

Laporan itu disampaikan oleh media DigiTimes di Taiwan. ARM memang sudah berniat menjadi pemain besar di arena PC, khususnya di PC mini dan laptop yang sekarang ini masih didominasi oleh Intel dan AMD.

Masih menurut DigiTimes, laptop Android dengan chip ARM akan terjangkau harganya agar bisa kompetitif. Dilansir eWeek dan dikutip detikINET, Minggu (26/6/2011), beberapa pabrikan berencana membanderolnya di kisaran harga USD 300.

ARM selama ini meraja di arena smartphone serta komputer tablet. Desain chip vendor asal Inggris ini banyak diproduksi oleh Samsung, Texas Instruments, Qualcomm, Marvel Technologies dan Nvidia.

Tudor Brown selaku presiden ARM menyatakan bahwa pada akhir tahun ini, dia berharap perusahaannya bisa menguasai 15% pasar mobile PC. Dan di tahun 2015, ia menargetkan market share melonjak menjadi 50%.

Upaya ARM menembus pasar PC juga didukung oleh Microsoft. Seorang pejabat Microsoft menyatakan bahwa Windows 8 akan mensupport arsitektur SoC (system on a chip) seperti kepunyaan ARM. Ini tentunya merupakan angin segar karena Microsoft adalah pemain dominan di segmen PC.



Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment