Tuesday, June 28, 2011

Desakan Perubahan Bagi Produsen BlackBerry Meningkat

Desakan Perubahan Bagi Produsen BlackBerry Meningkat

Jakarta - Desakan akan adanya perubahan di posisi puncak Research In Motion, produsen handset BlackBerry, meningkat. Akankah para pemegang saham menurutinya?

Northwest & Ethical Investment telah mendesak agar RIM memisahkan peran CEO dan Chairman. Saat ini kedua posisi penting itu dipegang oleh dua orang: Mike Lazaridis dan Jim Balsillie.

Dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (28/6/2011), Institutional Shareholder Services (ISS) selaku penasehat proxy bagi pemegang saham RIM, telah memutuskan untuk mendukung desakan pemisahan itu.

Pemegang saham akan melakukan pengambilan suara untuk menentukan apakah mosi itu akan diajukan atau tidak pada pertemuan tahunan Juli 2011. Sejauh ini RIM telah mengajak pemegang saham untuk tidak mendukung desakan itu.

Menurut ISS, adanya rangkap jabatan membuat dewan di RIM tak sanggup menjadi penyeimbang bagi keputusan manajemen. Pengawasan yang independen dan akuntabilitas pada pemegang saham pun disebut terancam karenanya.

"Sepertinya tak ada alasan yang pantas lagi bagi perusahaan untuk menolak menyerahkan semua tugas dan jabatan chairman," sebut laporan ISS.

Lazaridis dan Balsillie saat ini masih pemegang saham terbesar di RIM. Masing-masing memiliki sekitar 5 persen saham.

Pada pertengahan Juni, RIM melaporkan keuntungan di bawah perkiraan minimal mereka. Tak lama kemudian, perusahaan asal Kanada itu dikabarkan akan melakukan upaya efisiensi, termasuk rumor akan adanya pemecatan karyawan.

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment