Tuesday, June 28, 2011

Panggilan Cepat Jadi Jurus Opera 11.50

'Panggilan Cepat' Jadi Jurus Opera 11.50

Jakarta - Sebagai browser terbaru, Opera 11.50 tentu hadir dengan fitur-fitur tergress guna memikat pengguna. Namun dari sederet fasilitas anyar browser ini, fitur ekstensi panggilan cepat alias speed dial jadi salah satu jurus yang paling diandalkan.

Jan Standal, Vice President Products Desktop Opera menyatakan, ekstensi speed dial mengubah speed dial Anda dari sebuah kotak bergambar menjadi sesuatu yang lebih nyata dan menarik.

"Ekstensi speed dial ini menyederhanakan Anda untuk mendapatkan informasi, tampilannya dinamis dan didesain untuk menghadirkan kabar terbaru," tukas Jan, ketika berbincang dengan detikINET lewat sambungan telepon langsung dari kantor pusat Opera di Oslo, Norwegia.

Ya, dengan ekstensi speed dial ini pengguna bisa mendapatkan tampilan sosial media, koleksi kutipan yang inspirasional, kondisi cuaca, berita, dan skor terkini dari pertandingan favorit Anda.

"Daripada membuat thumbnail dan link untuk situs favorit, Anda dapat menaruhnya pada speed dial dengan ekstensi yang membuat Anda selalu tahu berita terkini secara cepat mengenai apa yang terjadi di web," tukas Opera.

"Kami berfikir ekstensi speed dial merupakan cara terpintar untuk mendapatkan konten yang Anda inginkan dan perlukan," lanjutnya.

Lebih dari 50 ekstensi speed dial telah tersedia di browser dengan codename Swordfish ini. Daftar lengkapnya dapat dilihat di sini. Sementara bagi para pengembang yang ingin membuat ekstensi speed dial dapat memperoleh informasinya dari http://dev.opera.com/.

Tentu tak cuma panggilan cepat yang jadi senjata Opera untuk menggalang massa. Desain halaman muka Opera 11.50 yang segar dan ringan juga patut menjadi perhatian.

"Kami butuh waktu sekitar 6 bulan untuk menggodok desain ini, agar pengguna lebih nyaman dan cepat dalam mengakses informasi. Dan hasilnya kita cukup puas dengan user interface ini," tukas Jan.

Kemudian juga ada peningkatan fitur Opera Link yang telah mendukung kata sandi serta pembenahan ribuan bugs dan peningkatan mesin core rendering menjadi versi terbaru.

Opera juga memasukkan mesin software grafis dengan rendering CSS dan SVG yang lebih cepat. Alhasil, Swordfish digadang-gadang sebagai browser Opera tercepat dan terstabil dari versi yang pernah ada.

"Perbedaan kecepatannya bisa mencapai 15%-20% dibandingkan versi sebelumnya. Tentu ini cukup signifikan, karena lebih cepat dalam melakukan rendering pada gambar dan konten dinamis," pungkas Jan.




( ash / fyk )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment