Wednesday, November 16, 2011

Fans Twilight Jadi Sasaran Penjahat Cyber

Fans Twilight Jadi Sasaran Penjahat Cyber

Jakarta - Sejak menjelang peluncuran film Twilight terbaru, terjadi peningkatan jumlah link bervirus pada hasil pencarian terkait dengan film yang diadaptasi dari novel karya Stephenie Meyer tersebut.

Bukan hal yang aneh, seperti disebutkan firma anti virus Norton, penjahat cyber kerap memanfaatkan situasi semacam ini untuk menjebak pengguna internet.

Dikutip detikINET dari Relaxnews, Rabu (16/11/2011), The Twilight Saga: Breaking Dawn-Part One yang merupakan seri terbaru dari rangkaian film Twilight, tayang perdana di Amerika Serikat (AS) pada 14 November dan merambah bioskop seluruh dunia beberapa hari setelahnya.

Menurut Norton, heboh seputar perilisan film tersebut memicu peningkatan jumlah link jahat atau bervirus terkait dengan film tersebut. Sejumlah link diperkirakan masih akan bertambah seiring meningkatnya promosi tentang Twilight.

Dalam laporannya, Norton menyebutkan ketika pengguna mengklik link 'beracun' ini maka secara otomatis mereka mengunduh virus, malware dan program key logging ke komputer mereka.

Norton menemukan ada tiga pencarian bervirus terkait dengan Twilight yang masuk dalam daftar 'top search terms' yakni, nude pictures of Taylor Lautner, Robert and Kristen kissing dan Twilight true love.

Untuk menghindari terjebak mengakses link bervirus, dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menghapus email dari pengirim asing -- terutama jika subjek email dan kalimatnya sensasional -- mengunduh software keamanan dan selalu menggunakan anti virus terupdate yang bisa memindai sebuah situs bervirus sebelum mengkliknya.




( rns / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment