Wednesday, November 16, 2011

Android Kuasai 52% Pasar Smartphone Dunia

Android Kuasai 52% Pasar Smartphone Dunia

Jakarta - Sistem operasi Android makin berkibar. Menurut catatan biro riset Gartner, pangsa pasar Android di seluruh dunia telah tembus 52,5%.

Android pun memimpin dengan dominan. Berada di posisi runner up adalah Symbian dari Nokia yang meraih market share 17%. Ini adalah penurunan drastis dari jumlah 36% tahun lalu.

Apple iOS bercokol di posisi tiga dengan raihan 15%. Kemudian di posisi empat ada BlackBerry OS yang meraup market share 11%, menurun dari yang sebelumnya 15,4% di kuartal 3 2010.

Microsoft yang mengandalkan Windows Phone harus puas di tempat kelima. Mereka hanya memiliki pangsa pasar 1,5%. Namun kemitraan dengan Nokia dipercaya akan menaikkan posisi Windows Phone.

"Marketing luar biasa dari Nokia dan Microsoft untuk ponsel Lumia seharusnya akan membawa perkembangan di kuartal 4 2011. Namun, perubahan yang sebenarnya baru akan tampak di paruh kedua 2012," demikian pernyataan Gartner.

Dari sisi vendor Android, Samsung menjadi yang terbesar. Gartner menggarisbawahi larisnya jajaran ponsel Galaxy, di mana Galaxy S II saja telah terjual sekitar 10 juta unit.

"Android diuntungkan dari penawaran pada pasar yang luas, dan kurangnya produk baru yang menarik dari Windows Phone 7 maupun RIM," ucap analis Roberta Cozza dari Gartner, dikutip detikINET dari eWeek, Rabu (16/11/2011).




( fyk / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment