Friday, August 19, 2011

SabakMoE, Tablet PC untuk Pendidikan

SabakMoE, Tablet PC untuk Pendidikan

Jakarta - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bersama Telkom mengembangkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) melalui konsep integrasi Device, Network, Application & Content (DNA).

Sebagai permulaan, Telkom pun menyerahkan seperangkat komputer tablet berikut konektivitas dan platform-nya sebagai bentuk dukungan terhadap proyek yang dinamakan Sabak Ministry of Education (SabakMoE) ini.

"Program ini merupakan pemikiran strategis Mendiknas bahwa standarisasi pendidikan dan penyebarluasan pendidikan hanya bisa ditempuh dengan penggunaan TIK pendidikan. Itu sebabnya Telkom mengembangkan sistem pembelajaran elektronik berbasis SabakMoE ini," ujar Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia dalam keterangannya, Jumat (19/8/2011).

Istilah Sabak sendiri mengacu sarana tulis-menulis yang terbuat dari semacam batu tipis yang dibingkai dengan kayu dengan grip sebagai alat tulisnya. Sabak pun berevolusi dan kembali ke tangan siswa dalam bentuk komputer tablet (Sabak Elektronik) yang siap menjadi alat bagi siswa berselancar di dunia ilmu pengetahuan untuk meraih prestasi.

Kemendiknas dan Telkom akan mengembangkan tablet PC tersebut sebagai alat bantu proses pembelajaran bagi siswa yang terintegrasi dengan Learning Management System (LMS), yang berfungsi juga sebagai perangkat akses konten sumber belajar multimedia dan interaktif, perangkat akses ke sistem informasi pembelajaran, jadwal, silabus, kurikulum, tugas, penilaian, hasil penilaian, pelaporan hasil belajar, perangkat untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.

SabakMoe bisa dikatakan sebagai alat akses Portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran interaktif siswa (Lembar Kerja Siswa) dan sebagai catatan portofolio siswa.

Keunggulan dari perangkat ini mampu mencari informasi dan menjadi media kolaborasi antar siswa maupun antar siswa dengan komunitas lainnya; dapat digunakan menyimpan ribuan buku elektronik (e-book) pelajaran maupun pengayaan siswa serta aplikasi belajar.

Selain itu, SabakMoE juga memberikan kemudahan bagi sekolah, dinas dan kementerian, di antaranya dalam menerapkan TIK di dunia pendidikan, memperbaiki indeks penerapan TIK Indonesia di dunia, alat bantu pemerataan kualitas pengajaran, menuju penjaminan standar mutu pendidikan, memudahkan sistem laporan dan evaluasi, transparansi dan akuntabilitas proses pembelajaran.

"Kami harapkan program ini dapat mendukung fleksibilitas kegiatan belajar siswa dan kegiatan mengajar guru," katanya

Komunitas IM2

Sementara di lain kesempatan, Indosat Mega Media (IM2) terus memperkuat loyalitas pelanggannya dengan cara menggelar gathering. Kegiatan kumpul-kumpul kali ini adalah nonton bareng film Harry Potter and The Deadly Hallows Part 2.

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan komunitas pelanggan IM2 yang tergabung IM2 Unity dan tergabung dalam fans page IM2 di Facebook dan Twitter. Sekitar 100 pelanggan IM2 turut ambil bagian dalam acara nonton bareng yang digelar di bioskop Blitz Megaplex Grand Indonesia ini.

"Kegiatan bersama dengan pelanggan seperti acara nonton bareng ini akan terus kami lakukan ke depannya sehingga hubungan antara IM2 dan pelanggan semakin kuat. Disamping sebagai apresiasi dari IM2 kepada pelanggannya, kegiatan seperti ini juga bermanfaat bagi IM2 untuk mendapatkan masukan dari pelanggan," ujar Bambang Narayana, PTH GM Marketing & Channel Management IM2.

Selain acara nonton, IM2 juga menggelar acara seru lainnya seperti sesi foto bergaya Harry Potter, quiz, dan games-games menarik lainnya. Satu bioskop dipenuhi oleh pelanggan IM2 yang datang dari wilayah Jabodetabek. Acara nonbar pun ditutup dengan berbuka puasa bersama. Kegiatan nonbar ini katanya akan menjadi event tahunan untuk komunitas sosial media dan pelanggan IM2.

Komunitas IM2 Unity adalah komunitas para pelanggan IM2 yang dibentuk guna mempererat hubungan IM2 dan pelanggan. IM2 Unity kerap menggelar acara-acara menarik seperti yang baru-baru lalu yaitu IM2 U-TAB Autorally, reli mobil dengan rute Jakarta-Pelabuhan Ratu ini diikuti oleh pelanggan IM2 yang menggunakan Tablet PC.
 
"Jadi, pelanggan yang amat bergembira menciptakan keterkaitan emosional untuk produk atau jasa, bukan hanya pilihan rasional, dan ini menciptakan loyalitas pelanggan yang tinggi," jelas Bambang.

Bagi pelanggan IM2 yang ingin bergabung dan terlibat dalam kegiatan IM2 Unity, dapat bergabung di akun facebook IM2 yaitu IM2 Broom, atau follow twitter IM2 di im2_broadband.



( rou / rou )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment