Thursday, August 18, 2011

Bak Penyiar, Robot Denise Cuap-cuap di Radio

Bak Penyiar, Robot Denise Cuap-cuap di Radio

Jakarta - Dengan hadirnya DJ robot berikut, sebuah stasiun radio berharap ongkos yang dikeluarkan untuk membayar gaji penyiarnya bisa dipangkas.

Perkenalkan, Denise, robot cantik virtual yang mampu bekerja layaknya penyiar 'normal'. Ia diprogram oleh studio bernama Guile 3D Studio dan dibeli oleh penyiar Dominique Garcia yang bermukim di San Antonio, Amerika Serikat.

Robot yang dibeli seharga USD 200 ini sebenarnya diciptakan untuk menjadi asisten virtual. Tugasnya adalah menjawab panggilan telepon, mengecek email, melakukan pencarian di web dan membuat janji.

Akan tetapi, Garcia membuat robot ini menjalankan tugas lain, yakni menjadi seorang penyiar. Layaknya penyiar, ia akan cuap-cuap di radio.

Meski bisa melakukan tugas-tugas seorang penyiar, akan tetapi Denise butuh bantuan manusia untuk membuatkan script yang nanti akan ia bacakan. Penulis script ini nanti akan memberitahu pada Denise apa yang dikatakan di depan mic, termasuk membuatkannya joke dan laporan cuaca.

Dikutip detikINET dari MSNBC, Kamis (18/10/2011), kehadiran Denise bisa jadi sebuah penghematan hingga jutaan dollar bagi stasiun radio daripada harus mempekerjakan penyiar 'normal' secara full time. "Kamu tidak harus membayar biaya tahunan dan ia tidak perlu pergi ke mana-mana, seperti ke kamar mandi. Ia selalu ada," ujar Gracia.

Denise sendiri akan mulai mengudara pada 24 Agustus mendatang. ( sdj / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment