Monday, August 15, 2011

Lumpuhkan Add-On, Firefox Rilis Fitur Baru

Lumpuhkan Add-On, Firefox Rilis Fitur Baru

Jakarta - Guna meningkatkan performa Firefox dan memberikan kontrol yang lebih pada pengguna, Firefox akan segera memblokir add-on 'tak diundang' yang diinstal oleh program lain pada browser penggunanya.

Pihak ketiga biasanya menginstall add-on ini di Firefox tanpa persetujuan pengguna sebagai bagian dari proses instalasi mereka. Dampak dari penginstalan ini ialah melambatnya kinerja Firefox, menjejali tampilan dengan toolbar yang biasanya tidak dipakai, isu keamanan dan yang jelas ia merebut kontrol pengguna terhadap add-on mereka sendiri.

Oleh karena itulah, Firefox mengenalkan dua fitur barunya untuk memastikan pengguna memiliki kontrol sepenuhnya. Fitur pertama adalah dengan melumpuhkan add-on baru yang diinstal sebuah program, sebelum pengguna menyetujuinya lewat pengumuman yang dibuat Firefox.

Fitur kedua lebih kepada pemberian opsi kepada pengguna akan add-on lama mereka, dalam bentuk one-time dialog. Pengguna dipersilakan untuk memilih add-on mana yang tetap ingin dipertahankan dan mana yang tidak.

Secara default, semua add-on yang telah diinstal melalui Firefox akan tetap dipertahankan, sebaliknya add-on yang diinstal oleh aplikasi lain akan dinonaktifkan sampai user memilih untuk mempertahankannya.

Dilansir detikINET dari The Register, Senin (15/10/2011), kedua fitur tersebut akan diluncurkan berbarengan dengan perilisan Firefox Aurora prebeta. Firefox Auorora sendiri telah dijadwalkan untuk rilis pada 8 November mendatang.

Fitur yang dikeluarkan ini menyusul aksi Mozilla yang telah memblokir beberapa add-on karena mengganggu kestabilan browser dan keamanan user. Pada Januari lalu, Mozilla mengatakan bahwa add-on toolbar Skype telah mengakibatkan sebanyak 40.000 crash hanya dalam waktu 1 minggu. ( sdj / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment