Sunday, August 14, 2011

Picu Kerusuhan dengan BBM, Remaja Ditangkap

Picu Kerusuhan dengan BBM, Remaja Ditangkap

London - Kerusuhan yang terjadi di London masih dikaitkan dengan layanan BlackBerry Messenger (BBM). BBM dinyatakan jadi salah satu layanan yang dimanfaatkan para perusuh untuk mengorganisir diri dan kelompoknya. Bahkan, seorang remaja telah ditangkap terkait hal itu.

Aksi tegas telah diwujudkan oleh kepolisian Inggris dengan penahanan pada seorang remaja berusia 18 tahun asal Clacton. Ia didawa bersalah karena telah menggunakan layanan BBM untuk mendorong teman-temannya meniru aksi kekerasan dan penjarahan yang terjadi di Inggris.

Remaja wanita yang tidak disebutkan namanya tersebut akan maju di meja hijau pada 1 September nanti. Kasus penyeretan seseorang akibat memakai BBM ini ialah kasus perdana yang ditangani polisi.

Kemudian, seorang pria asal Southampton berusia 27 tahun juga dikenai sanksi hukum akibat melakukan penghasutan kekerasan via layanan yang terdapat di piranti BlackBerry ini. Selain BBM, Facebook dan Twitter juga menjadi piranti yang dimanfaatkan perusuh.

Dikutip detikINET dari Telegraph,Minggu (14/8/2011), kepolisian Inggris memiliki kekuatan untuk mengakses data yang tersimpan, termasuk memonitor pergerakan situs jejaring sosial. Pihak RIM selaku produsen BlackBerry sebelumnya dilaporkan telah setuju bekerja sama dengan polisi dalam hal pemberian informasi terkait kekerasan di Inggris.

Pemerintah Inggris kini tengah mempertimbangkan pemblokiran pada BBM juga pada situs jejaring seperti Facebook dan Twitter. Terutama jika kerusuhan terjadi kembali di masa depan ( sdj / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment