Thursday, August 18, 2011

Dari Twitter Sampai Google, Rayakan HUT RI

Dari Twitter Sampai Google, Rayakan HUT RI

Jakarta - Pekik kemerdekaan terdengar membahana di seluruh nusantara 66 tahun lalu. Di era digital seperti sekarang, seluruh dunia bisa tahu gegap gempita perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (RI), melalui dunia virtual. Ya, dari Twitter hingga Google mengumumkan bahwa hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Jejaring sosial Facebook dan Twitter menjadi tempat pertama yang ramai disinggahi warga yang menyuarakan perayaan HUT RI. Terang saja, mengingat Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook dan Twitter terbesar kedua dan ketiga di dunia. Berbagai postingan, baik update status, foto maupun, aktivitas check in, menggambarkan antusiasme warga.

Namun agaknya, tema kemerdekaan lebih meriah mewarnai Twitter. Di situs mikroblogging tersebut, tepat pada 17 Agustus hari ini tercatat ada dua topik HUT RI yang bertengger di trending topic worldwide yakni Happy Birthday Indonesia dan #17agustos. Topik Happy Birthday Indonesia bahkan sempat memuncaki deretan trending topic.

Kemeriahan perayaan HUT RI di Twitter sedikit banyak terdorong dari gerakan 'Kerek Bendera'. Gerakan ini mengajak tweeps bersama-sama mengerek bendera secara virtual melalui tweet.

Telah disiapkan bendera yang siap dikibarkan di halaman mal FX, Jakarta. Agar bisa mencapai puncak tiang, dibutuhkan sekitar 1.781.945 tweet dengan hashtag #17an. Selain melalui Twitter, partisipan bisa juga mengirimkan SMS dengan format 17an#nama#L/P#pesan ke nomor 08568781717 atau 0817171744 atau 082114171717 pada tanggal 17 Agustus 2011 mulai dari jam 00.00 hingga jam 23.59 WIB.

Menariknya, setiap kali jumlah hashtag dan SMS mencapai jumlah tertentu bendera akan dikerek. Untuk mengecek sampai mana bendera berhasil dikerek, partisipan bisa mengeceknya di situs www.17an.org. Semua tweet yang menyertakan #17an dan SMS akan ditangkap di http://www.17an.org.

Selain gerakan 'Kerek Bendera' ada juga beberapa gerakan serupa lainnya yang disuarakan melalui Twitter, seperti yang dikelola Indonesia Optimis melalui akun @ID_optimis. Sedikit berbeda dengan 'Kerek Bendera', id-optimis mengajak partisipan melakukan check in bersama melalui Foursquare di Monumen Tugu Proklamasi.

Google, tak mau ketinggalan ikut meramaikan perayaan kemerdekaan Indonesia. Halaman pencarian Google, baik Google.com berbahasa Inggris maupun Google.co.id yang berbahasa Indonesia, menyuguhkan tampilan logo Google istimewa yang biasa disebut sebagai Google Doodle. Huruf 'L' pada kata Google diganti dengan gambar kartun panjat pinang. Wow, ini adalah kado istimewa dari Google bagi rakyat Indonesia. Selamat hari kemerdekaan republik tercinta. Merdeka!



( rns / rns )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment