Tuesday, July 19, 2011

SBY: Jejaring Sosial Jembatani Rakyat dan Pemerintah

SBY: Jejaring Sosial Jembatani Rakyat dan Pemerintah

Jakarta - Dalam perkembangannya, jejaring sosial memiliki banyak fungsi, tak terkecuali di Indonesia. Seperti disebutkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), jejaring sosial bisa menjembatani rakyat dengan pejabat pemerintah.

Dalam pidatonya pada perhelatan 44th ASEAN Foreign Minister Meeting (AMM) di Bali, (19/7/2011), SBY mengatakan bahwa kita semua sepakat bahwa abad 21 ASEAN lebih dinamis dan relevan dan bersifat people-centered dan people-driven.

"Untuk pertama kalinya dan kontras dibandingkan dengan empat dekade silam, kami menghadapi realita dimana terjadi kedalaman kontak antara warga negara dengan pejabat pemerintah melalui Facebook, Twitter, email dan TV kabel," ujarnya.

Situasi ini pun didukung dengan posisi Indonesia sebagai negara dengan pengguna Facebook dan Twitter terbesar kedua dan ketiga di dunia. Dari contoh ini, SBY mendorong agar semua negara ASEAN memanfaatkan kekuatan teknologi.

"ASEAN juga harus ikut bertindak: kita harus kreatif dan terbuka dalam memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendorong warga melakukukan kontak orang ke orang," ujarnya seraya menyebutkan bahwa pembentukan komunitas blogger ASEAN juga merupakan ide yang inovatif dan harus diikuti.

Dia juga memberikan catatan, tidak hanya soal bagaimana seluruh negara di ASEAN maju dan berkembang dalam hal ini, tetapi penting juga memperhatikan bagaimana anggota ASEAN mengelolanya dengan cara mengurangi komplikasi dan meningkatkan manfaat dan peluang.




( rns / eno )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment