Wednesday, July 20, 2011

AS Tangkap Hacker Pembela Wikileaks

AS Tangkap Hacker Pembela Wikileaks

Jakarta - Empat belas hacker yang membela Wikileaks di Amerika Serikat (AS) diciduk tim kepolisian. Para hacker ini ditangkap karena meretas situs PayPal yang telah menutup akses donasi ke Wikileaks.

Serangan cyber yang menimpa PayPal dilakukan oleh sekelompok hacker yang menamakan diri Anonymous. Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk protes penangguhan akun PayPal untuk Wikileaks.

Seperti diketahui, PayPal yang semula menjadi perantara penyampaian donasi, memutuskan untuk menutup rekening donasi Wikileaks sejak Desember tahun lalu. Saat itu, melalui Twitter Wikileaks menyebutkan keputusan situs e-commerce tersebut lantaran adanya tekanan dari pemerintah AS.

Dilansir situs ITP dan dikutip detikINET, Rabu (20/7/2011) para Anonymous ini bersimpati terhadap Wikileaks. Sejak Wikileaks ramai diberitakan serta mengalami pencekalan dan pengusiran, Anonymous melakukan berbagai aksi hacking membela situs whistleblower tersebut.

Kelompok hacker ini juga melakukan hal serupa terhadap situs Visa dan MasterCard Desember tahun lalu ketika layanan finansial tersebut menghentikan proses donasi untuk WikiLeaks dan pendirinya Julian Assange.

Empat belas hacker penyerang situs PayPal tersebut ditemukan di lokasi yang berbeda-beda yakni di Alabama, Arizona, California, Colorado, Wilayah Kolombia, Florida, Massachusetts, Nevada, New Mexico dan Ohio.

Mereka yang rata-rata berusia 20 hingga 42 tahun ini dikenai pasal pelanggaran telah melakukan konspirasi dan melakukan perusakan terhadap perangkat komputer.

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment