Thursday, July 21, 2011

Nokia Lebih Untung Bikin Ponsel Sederhana

Nokia Lebih Untung Bikin Ponsel Sederhana

Jakarta - Nokia dikatakan lebih bisa meraup untung dari ponsel sederhana daripada smartphone. Meskipun kedua lini produk itu memang sedang digerogoti rival mereka.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (21/7/2011), laba operasional Nokia lebih besar dari ponsel sederhana daripada smartphone.

Margin dari kedua bisnis itu memang sedang mengalami penyusutan. Ponsel sederhana Nokia harus berhadapan dengan produsen Asia, terutama China, sedangkan di sisi smartphone rival seperti HTC, Samsung dan Apple menggelora.

Margin keuntungan Nokia dari smartphone dikatakan turun menjadi 6.2 persen di kuartal pertama dari 10.4 persen di tahun sebelumnya. Sedangkan ponsel sederhana, turun dari 19.4 ke 16.5 persen.

Sekadar pembanding, HTC telah melaporkan kenaikan margin laba operasional ke 15.8 persen di kuartal pertama. Kata kuncinya di sini adalah kenaikan.

"Nokia menghadapi merosotnya pasar smartphone dengan melakukan fokus pada harga tengah dan potongan harga, ini memiliki dampak langsung pada margin dan laba," kata analis IDC, Francisco Jeronimo.




( wsh / wsh )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment