Saturday, July 23, 2011

Ekspansi Google ke Indonesia Terganjal Regulasi

Ekspansi Google ke Indonesia Terganjal Regulasi

Jakarta - Ekspansi Google ke Indonesia terganjal masalah regulasi. Maka dari itu mantan CEO Google, Eric Schmidt meminta kelonggaran terkait data center yang wajib ada di Indonesia bagi perusahaan multinasional berbasis teknologi.

Hal ini disampaikan Eric Schmidt kepada Erwin Aksa yang mewakili Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa, di sela-sela Regional Entrepreneurship Summit, Nusa Dua, Bali, Jumat (22/7/2011) malam.

"Telekomunikasi sudah tidak terbatas, dan data center, saya kira kewenangannya ada di Menteri Komunikasi dan Telekomunikasi. Mereka (Google) minta ada fleksibiltas. Mereka kan punya tersentral. Masak kita yang membatasi," ungkapnya.

Kelonggaran lain yang diminta Google adalah, keberpihakan positif dari pemerintah Indonesia atas perusahaan advertising asing. "Ini terkait negatif list advertising asing di Indonesia. Google kan usahanya berbasis itu," tutur Erwin.

Memang penetrasi internet di Indonesia sangat rendah. Untuk itu, lanjut Erwin, perlu optimalisasi pendidikan khususnya perancangan kurikulum yang mendukung pengetahuan masyarakat akan internet.

"Tetap yang mendasar di pendidikan. Ini yang menopang. Utamanya science and technology. Dengan demikian maka pengusaha yang bergelut juga terbatas. Padahal pasar terbuka lebar. Dan sekarang bagaimana pekerjaan rumah infrastruktur harus diatur. Begitu juga dengan SDM," tuturnya.

Erwin menambahkan, perguruan tinggi Indonesia juga harus mendorong kurikulum yang berbasis teknologi. Tentu dengan berlangsungnya rancangan pendidikan, maka tercipta ekosistem enterpreneurship.

"Google membutuhkan konten, meski sudah banyak dilakukan pengusaha di Indonesia. Dan Google jadi Katalis dan memberikan pendidikan bagi anak muda. Google kan harus punya basis dan mereka tidak mungkin bisa direct access, karena ada kendala bahasa dan market," ucapnya.




( wep / eno )


Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment