Thursday, December 22, 2011

Indonesia Pasar Alami untuk NFC

'Indonesia Pasar Alami untuk NFC'

Jakarta - Teknologi Near Field Communication (NFC) diyakini akan cepat berkembang dalam berbagai layanan berbasis ponsel. Indonesia pun dipercaya akan menjadi pasar yang alami untuk layanan-layanan NFC.

NFC sendiri adalah teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat.

Teknologi NFC tentunya dapat membuat hidup lebih mudah dalam melakukan transaksi, seperti pertukaran konten digital, cukup dengan menghubungkan perangkat elektronik ke perangkat elektronik yang memiliki teknologi NFC dengan sentuhan. Pengguna juga bisa membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel.

Menurut Sashidar Thothadri, Regional Sales Manager South-East Asia & India Telecom Business Unit Gemalto, NFC merupakan evolusi alami untuk pembayaran, transaksi atau transfer uang, karena kemudahan yang diberikan NFC menjadikannya sebagai pilihan yang alami untuk konsumen.

"Ada beberapa faktor yang membuat Indonesia menjadi pasar yang alami untuk NFC. Rendahnya penetrasi internet membuat internet bergerak menjadi platform de facto untuk mengakses internet, membuat ponsel pintar jadi perangkat kunci yang digunakan orang-orang Indonesia," tukasnya kepada detikINET, Kamis (22/12/2011).

"Sebagai pasar terbesar nomor 4 di dunia berdasarkan besarnya populasi dan tingginya teledensitas, Indonesia adalah pasar yang alami untuk layanan-layanan NFC," lanjut Sashidar.

Indonesia diyakini memiliki ekosistem yang cukup untuk mendukung NFC. Mulai dari segi handset, infrastruktur, hingga kesiapan para pemangku kepentingan.

"Dengan demikian saya percaya kami akan melihat penggunaan luas dari NFC di Indonesia dalam jangka dekat dan menengah," tegasnya.

Gemalto sendiri adalah penggiat bisnis keamanan digital yang juga berkolaborasi dengan pemain telekomunikasi untuk menyuplai kartu SIM dan berbagai layanan yang terkait dengan OTA (Over the Air), layanan-layanan pengelolaan utama untuk telepon selular, perbankan dan layanan personalisasi jarak jauh.

Gemalto juga memiliki portofolio layanan dalam bidang M2M (Machine to Machine), NFC (Near Field Communication), m-Commerce, m-Advertising dan produk-produk jejaring sosial.

Baru-baru ini Gemalto menjadi bagian dari konsorsium yang dipilih oleh IDA (Infocomm Development Authority of Singapore) untuk menyediakan layanan-layanan berbasis NFC di Singapura. Gemalto akan menyediakan dan mengoperasikan layanan-layanan TSM yang menghubungkan tiga operator telepon selular Singapura ke platform TSM interoperable.

Ini memungkinkan bank, provider pembayaran dan layanan untuk menggelar layanan-layanan NFC inovatif bergerak untuk pelanggan telepon selular di Singapura.

Teknologi NfC sendiri kini mulai dilirik produsen ponsel sebagai nilai tambah produk mereka. Sebut saja seri BlackBerry terbaru, Nokia, dan deretan perangkat Android sudah mulai mengusung teknologi wireless terbaru tersebut.




( ash / rns )

Dapatkan berita daerah, gossip & olahraga diHandphone Nokia dengan mengaktifkan layanan Nokia Life Tools

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment