Wednesday, December 21, 2011

72 Mobil Internet Disebar ke Pelosok Kaltim

72 Mobil Internet Disebar ke Pelosok Kaltim

Samarinda - Pemerintah melalui Depkominfo coba menggalakkan program MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan), yakni mobil yang memiliki akses internet. MPLIK menyediakan layanan internet bagi masyarakat pelosok. Termasuk di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Mobil pusat layanan internet kecamatan ini berkecepatan akses internet 256 Kpbs. Tapi kecepatan ini akan ditingkatkan menjadi 512 Kbps," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim Jauhar Effendy, saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jl Basuki Rahmad, Samarinda, Rabu (21/12/2011) siang WITA.

Jauhar mengatakan, Propinsi Kaltim tahun ini mendapat 72 unit mobil MPLIK yang akan disebar di 72 kecamatan dari 136 kecamatan yang ada di 14 Kabupaten dan Kota di Kaltim. Keseluruhan unit MPLIK itu akan dioperasikan paling lambat hingga akhir tahun.

"Kecuali di Kabupaten Kutai Kartanegara yang mendapat 6 unit PLIK, kita belum bisa memberikannya karena belum ada penandatanganan kerjasama," ujar Jauhar.

MPLIK itu akan melayani masyarakat di kecamatan agar melek teknologi internet. Hanya saja Jauhar mengakui, penyebaran unit MPLIK, belum keseluruhannya menyentuh kecamatan terjauh di Kaltim.

"Karena mobilnya sendiri bukan double gardan menembus akses jalan darat yang masih sulit, jadi masih ada yang belum terjangkau unit MPLIK. Tapi ke depan, kecamatan-kecamatan terjauh yang belum dijangkau, akan dijangkau sehingga masyarakat di kecamatan benar-benar melek internet," tambah Jauhar.

Sebagai tahap awal, sambung Jauhar, Pemprov Kaltim memberikan subsidi berupaya pembiayaan honor penggunaan 2 orang instruktur per kecamatan, biaya Rp 1,5 juta untuk sewa bandwith serta pembiayaan Bahan Bakar Minyak (BBM) perunit MPLIK.

"Semua itu ditanggung APBD Kaltim selama 3 bulan selanjutnya ditanggung oleh Pemkab dan Pemkot setempat. Biaya akses internet bagi masyarakat yang menggunakannya cukup murah Rp 2.000 perjam," terang Jauhar.

Pengamatan detikINET, di dalam MPLIK itu tersedia antara lain 2 unit laptop, Wifi Router, Printer serta 1 unit LCD TV Digital, 1 unit parabola serta mesin genset.

"Selain nantinya ada di kantor tiap kecamatan, mobil ini akan mobile ke daerah-daerah di tiap kecamatan itu agar banyak masyarakat yang menikmati layanan internet," tutup Jauhar.


( fyk / fyk )

Dapatkan berita daerah, gossip & olahraga diHandphone Nokia dengan mengaktifkan layanan Nokia Life Tools

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment