Tuesday, December 20, 2011

Axis Geber Mobile Broadband 42 Mbps

Axis Geber Mobile Broadband 42 Mbps

Jakarta - Axis menyambut dengan suka cita tambahan kanal 3G di rentang frekuensi 2,1 Ghz yang baru saja diperolehnya. Anak perusahaan Saudi Telecom itu pun berjanji akan lebih agresif, termasuk menyediakan layanan mobile broadband hingga 42 Mbps di sejumlah wilayah pada awal 2012.

"Kami menyambut positif pengalokasian sumber daya spektrum 3G yang telah dilakukan secara adil di industri. Pengalokasian spektrum tambahan ini sejalan dengan strategi Axis untuk memberikan layanan mobile broadband dengan kecepatan yang lebih tinggi di seluruh cakupan wilayah layanan kami," kata Erik Aas, Presiden Direktur dan CEO Axis, dalam keterangannya, Selasa (20/12/2012).

"Axis akan segera memanfaatkan spektrum tambahan ini dan akan menyediakan layanan broadband berkecepatan hingga 42 Mbps di wilayah-wilayah utama pada awal 2012," tukasnya.

Dengan demikian, Axis kini memperoleh 2 blok (2 x 10 MHz) spektrum 3G, sama besarnya dengan spektrum yang dikuasai operator lainnya di Indonesia. Perolehan spektrum ini disahkan dengan diterbitkannya Keputusan Menkominfo nomor 636/KEP/M.KOMINFO/12/2011.

Pembangunan jaringan juga sedang dilakukan Axis untuk menggeber ekspansi mobile broadband dan peningkatan cakupan layanan secara nasional. Hal itu ditandai dengan kucuran pendanaan sebesar USD 1,6 miliar yang baru-baru ini diperoleh, diikuti dengan kontrak kerjasama dengan para vendor dan tender untuk sewa menara.

Seperti diketahui, penataan frekuensi 3G yang sudah diputuskan Kominfo akhirnya menempatkan Axis di kanal contigious (berdampingan), yakni di blok 2 dan 3. Sementara Telkomsel yang semula didesak Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan Menkominfo untuk bergeser akhirnya tidak jadi pindah kanal, tetap menempati blok 4 dan 5.

Sementara HCPT -- pemilik brand seluler 3 (Tri) -- harus pasrah terkena imbasnya. Ya, meski mendapat tambahan second carrier 3G, namun posisinya tidak contigous lantaran ditempatkan di blok 6. Padahal first carrier 3G Tri tercecer di blok 1.

Di sisi lain posisi Indosat (kanal 7 dan 8) dan XL (9 dan 10) tetap aman alias tidak bergeser dari blok semula.


( ash / rns )

Dapatkan berita daerah, gossip & olahraga diHandphone Nokia dengan mengaktifkan layanan Nokia Life Tools

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment