Thursday, October 13, 2011

Tumbang di 4 Benua, Hoax BlackBerry Menyebar

Tumbang di 4 Benua, Hoax BlackBerry Menyebar

Jakarta - Research In Motion (RIM) tengah mendapat cobaan besar. Setelah performa bisnisnya mendapat sorotan, gini giliran layanan BlackBerry mereka yang dirundung masalah teknis yang berakibat terganggunya layanan email dan BlackBerry Messenger di 4 benua.

Di atas semua krisis tersebut, halangan yang mendera BlackBerry diperparah dengan beredarnya informasi palsu (hoax) yang mengatasnamakan RIM yang bergerilya via BBM.

Dari pesan yang diterima detikINET, Kamis (13/10/2011), pengguna BlackBerry diminta untuk mem-broadcast pesan berantai ini ke seluruh kontak BBM-nya. Pasalnya, RIM abal-abal ini mengaku bahwa servernya tengah full.

Tak lupa, ia pun mengancam pengguna akan kehilangan seluruh kontaknya dan akun BBM-nya tak akan aktif lagi jika tidak ikut-ikutan mem-broadcast pesan tersebut

Tentu ini hanyalah hoax yang merupakan 'lagu lama'. Sebab modus serupa sebelumnya sudah sering kali beredar dengan nada pesan dan ancaman serupa.

Hanya saja saat ini pelaku menjalankan aksi usilnya dengan memanfaatkan momentum tumbangnya layanan BlackBerry di sejumlah negara.

Sehingga mungkin, hal itu diharapkan bisa membuat pengguna lebih terperdaya dan mengikuti ajakan-ajakan tidak jelasnya tersebut.

Berikut isi pesannya.

---

‎​This is the real broadcast from Blackberry© All rights reserved.
Broadcast this message to every single contact on your BBM© to reset your display picture, sorry for any inconvenience.
‎This message is to inform all of our users, that our servers have recently been really full, so we are asking for your help to fix this problem. We need our active users to re-send this message to everyone on your contact list in order to confirm our active users that use BlackBerry Messenger, if you do not send this message to all your BlackBerry Messenger contacts then your account will remain inactive with the consequence of losing all your contacts
Symbol will automatic update in your BB ,when you broadcast this message. Your blackberry will be updated within 24 hours it will have a new lay out and a new color for chat.
‎Dear Blackberry users, We are going to do a update for bbm from 11pm till 5am this to day. You if you don’t send this to all your contacts your update will be cancelled and you would not be alowed to chat with your contacts as you have the old version.

---

Sebelumnya, RIM secara resmi telah menyampaikan permohonan maaf atas tumbangnya layanan BlackBerry yang menimpa jutaan pengguna.

Disampaikan perusahaan asal Kanada ini, gangguan tersebut terjadi di Eropa hingga Amerika Latin dan disebabkan kegagalan di dalam infrastruktur perusahaan mereka.

"Transisi ke back-up switch tidak berfungsi baik seperti ketika pengujian. Ini menyebabkan backlog data dalam jumlah besar," jelas RIM seperti dilansir Cnet.

"Saat ini kami tengah berupaya keras merampungkan backlog dan memulihkan layanan secepatnya," tandas RIM.

Gangguan layanan email dan BlackBerry Messenger (BBM) terjadi sejak dua hari lalu. Korbannya adalah para pengguna di Eropa, Timur Tengah, Afrika, India, Brazil, Chile dan Argentina.

Pun demikian, operator penyedia layanan BlackBerry di Indonesia memastikan bahwa untuk pengguna di Tanah Air tak perlu khawatir lantaran layanan tersebut masih aman.



( ash / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment