Monday, May 2, 2011

Penyergapan Osama Tersiar Pertama Kali di Twitter

Jakarta - Dewasa ini, Twitter sering jadi media pertama dalam mengabarkan sebuah peristiwa, bahkan kadang lebih cepat dari pemberitaan media berita. Dan peristiwa penyergapan Osama bin Laden pun tak luput dari fenomena itu.

Seorang programmer komputer bernama Sohaib Athar, dikabarkan sebagai orang pertama yang mengabarkan penyergapan Osama di Pakistan. Ia kebetulan tinggal di dekat lokasi kejadian dan memposting detail penyerbuan dari akun Twitter miliknya.

Dikutip detikINET dari Canadian Press, Senin (2/5/2011), Athar awalnya dikejutkan dengan raungan suara helikopter di kota Abbottabad, tempat persembunyian Bin Laden. Ia pun mulai memposting peristiwa ini di Twitter.

"Helikopter ada di atas Abbotabad di 1AM (ini adalah even yang langka)," demikian kurang lebih bunyi tweet pertamanya, mengabarkan kejadian itu secara langsung.

Athar sendiri baru pindah ke Abbottabad bersama istri dan anaknya. Tak dinyana, ia malah jadi saksi penangkapan bin Laden. Ia terus melakukan postingan, misalnya kala mendengar bom meledak.

Athar sendiri tidak tahu apa yang didengarnya adalah operasi penangkapan Osama bin Laden, sehingga ia hanya bisa menduga duga. Dalam tweet berikutnya, dia mengira ada latihan militer dan sebuah helikopter celaka.

"Saya pikir ada kecelakaan helikopter di Abbotabad, Pakistan dan breaking news Presiden Obama terkait kejadian itu," tulisnya lagi.

Setelah memposting sekitar 35 tweet, akhirnya Althar mendapat informasi bahwa apa yang dilaporkannya itu adalah penyergapan Osama. "Osama bin Laden terbunuh di Abbottabad, Pakistan," lapornya.




( fyk / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment