Wednesday, May 4, 2011

Kematian Osama Ukir Rekor Kicauan di Twitter

Jakarta - Pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih yang memastikan kabar tewasnya Osama Bin Laden sontak memicu perbincangan di ranah media sosial, terutama di Twitter. Bahkan di situs mikro blogging ini sebuah rekor telah tercipta.

Dalam data statistik yang dirilis Twitter, dilaporkan bahwa lebih dari 4.000 tweet dikirim per detik selama awal dan akhir pidato Obama.

Pada pukul 23:00 ET (Eastern Time atau waktu Amerika Serikat dan Kanada) atau sesaat sebelum Obama memulai pidatonya, warga Twitter sejatinya sudah mulai kasak-kusuk. Tercatat, ada 5.106 tweet yang diposting per detiknya. Volume tertinggi tweet terjadi pada malam hari. Pada pukul 23:45 malam waktu setempat selesai pidato Obama, 5.008 tweet memberondong setiap detik.

"Malam itu adalah tingkat tertinggi postingan tweet yang pernah ada," kata Twitter dalam tweetnya yang dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Rabu (4/5/2011). 

"Dari pukul 22:45 hingga 2:20 dini hari waktu ET, rata-rata terdapat 3.000 tweet per detik," lanjut Twitter. Jumlah ini setara dengan 27,9 juta tweet yang dihasilkan dalam waktu 2 jam 35 menit. Pada puncaknya, Twitter merilis 12.384.000 tweet per jam.

Rekor ini memperlihatkan betapa menarik perhatiannya kematian Osama Bin Laden hingga menarik respons warga dunia untuk mencari tahu dan memperbicangkannya lewat berbagai media.

Selain kematian Osama, rekor tweet spektakuler lain yang pernah dicatat Twitter yakni saat peristiwa kemenangan Jepang atas Denmark di ajang Piala dunia, dengan lebih dari 3.283 tweets dikirim per detik.

Namun tingkat kicauan tertinggi yang pernah terjadi adalah pada malam Tahun Baru di Jepang. Sebanyak 6.939 kicauan terjadi per detik saat itu. Namun, jumlah itu hanya berlangsung sebentar.

Sedangkan pemberitaan Osama, tingkat tweet yang tinggi itu bertahan lama. "Pukul 23.00 ada 5.106 kicauan per detik. Pada pukul 23.45 ketika Obama selesai berpidato, ada 5.008 kicauan," kata Twitter.




( jsn / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment