Friday, May 6, 2011

Media Sosial, Pemantik Perubahan di Indonesia

Jakarta - Kekuatan media sosial kini tidak hanya dirasakan di dunia online, namun juga telah merambah ke dunia offline. Beberapa tahun lalu tidak ada yang pernah membayangkan bahwa suatu rezim pemerintahan bisa runtuh karena media sosial bernama Facebook.

People power sudah lama menjadi senjata masyarakat di berbagai negara untuk melakukan perubahan, dan kini media sosial membuat perubahan tersebut menjadi lebih cepat dan massif. Lalu bagaimana peranan media sosial dalam melakukan perubahan di Indonesia?

@akademiberbagi dan @internetsehat mengadakan acara kumpul-kumpul dan ngobrol santai bersama berbagai komunitas yang menggunakan internet dan media sosial dalam berbagai aktivitasnya di masyarakat.

Acara bertajuk 'Media Sosial sebagai Pemantik Perubahan di Indonesia' ini diawali dengan nonton bareng Film #Linimas(s)a, film dokumenter dengan Donny B.U. sebagai inisiatornya yang memetakan gerakan masyarakat melalui media sosial di Tanah Air.

Agenda selanjutnya adalah pemaparan dari Yanuar Nugroho (Peneliti asal Indonesia di University of Manchester, Inggris) mengenai hasil riset University of Manchester dan HIVOS Asia Tenggara tentang 'Citizens in @ction'.

Dengan dipandu oleh pakar internet Onno Purbo, Yanuar Nugroho akan mengajak seluruh peserta untuk mendiskusikan berbagai hal. Mulai dari peta pemanfaatan media sosial di Indonesia, kiat mengoptimalkan media sosial, hingga tudingan bahwa media sosial sebagai pembawa perubahan adalah sesuatu yang terlalu dilebih-lebihkan.

Acara ini diharapkan semakin membuka mata kita mengenai seluk-beluk media sosial dan bagaimana memanfaatkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadwal Acara:

Hari/Tanggal: Kamis/12 Mei 2011
Waktu: Pukul 19.00 - 21.00 WIB (Bagi peserta yang datang lebih awal, pada pukul 18.15 WIB akan diputar film #linimas(s)a)
Tempat: Pusat Kebudayaan Jerman Jakarta (GOETHE INSTITUT/HAUS), Jl. Sam Ratulangi 9-15. Jakarta 10350
Pemateri: Yanuar Nugroho (@yanuarnugroho) dan Onno w Purbo (@onnowpurbo)

Acara ini disediakanuntuk umum dan gratis. Tempat terbatas. Jika berminat, silakan mendaftar di http://akademiberbagi.blogdetik.com/2011/05/04/media-sosial-sebagai-pemicu-perubahan-di-indonesia/




( ash / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment