Wednesday, May 4, 2011

'Hape Sehat' Juara Imagine Cup Indonesia

Jakarta - Gelaran Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft akhirnya membuahkan hasil. Sebuah tim yang membuat aplikasi kesehatan di ponsel pun muncul sebagai pemenang dan akan mewakili Indonesia di kompetisi dunia.

Imagine Cup 2011 di Indonesia diikuti oleh puluhan tim mahasiswa dari berbagai universitas. Setelah melakukan proses penyaringan, 4 inovasi di antaranya memasuki penjurian tingkat tingkat akhir di FX Plaza, Selasa (3/5/2011).

Setelah melewati seleksi yang ketat munculah nama 'Project Childhood' sebagai pemenang, yakni sebuah aplikasi kesehatan yang dirancang untuk memantau nutrisi anak.

"Kalau yang lain aplikasi canggih, kami buat aplikasi yang membuat hape sehat," kata Dody Qori Utama, anggota tim Gatotkaca dari IT Telkom & ITB.

Sebagai perwakilan Indonesia di kancah internasional, Dody pun mengaku bangga dan akan berupaya sebaik mungkin mememangkan babak final di Amerika Serikat tanggal 8-13 Juli 2011 mendatang.

Sekilas tentang 'Project Chilhood'

'Project Chilhood' merupakan aplikasi pendeteksi malnutrisi tahap awal yang bisa digunakan pada berbagai sistem operasi ponsel. Namun Dody mengaku aplikasi ini akan lebih optimal pada Windows Phone 7.

"Di semua hape bisa, hape China pun bisa. Tapi paling cepat di Windows Phone 7, kalau sistem operasi lain loadingnya lebih lama," pungkas Dody, Biomedical Engineering untuk aplikasi tersebut.

Syarat ponsel yang bisa menggunakan aplikasi ini pun cukup sederhana, hanya harus berbekal kamera 1,3 pixel. Nah, kamera inilah yang nantinya digunakan oleh aplikasi untuk menganalisa kondisi balita.

"Misalnya untuk mendeteksi dehidrasi. Pengguna tinggal foto air liur bayi tersebut, maka aplikasi akan mendeteksi pola yang ada pada air liur tersebut," jelas Dody.

Namun sayangnya aplikasi ini belum dinikmati masyarakat, tapi Dody berjanji dalam waktu dekat sudah bisa diunduh untuk Windows Phone 7 di Windows Marketplace.




( eno / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment