Monday, April 25, 2011

'Samurai' Sony Telah Berpulang

Jakarta - Banyak orang mungkin kurang mengenal sosoknya. Tapi Norio Ohga telah melegenda bak seorang 'samurai' yang membuat Sony Corp berubah menjadi perusahaan besar kelas dunia. Kini, ia telah berpulang.

22 April lalu, saat berusia 81 tahun, mantan Chairman Sony ini telah menghembuskan nafas terakhirnya. Nama Ohga mulai menanjak pada tahun 1982 - 1995. Ia dikenal dengan kememimpinannya yang membuat perusahaan Jepang tersebut berubah menjadi manufaktur elektronik kelas dunia.

Melalui serangkaian langkah yang ia lakukan, Sony mulai merambah ke industri musik dengan Sony Music. Ohga juga menjadi tokoh kunci dari berdirinya Sony Computer Entertainment, yang kini telah sukses melahirkan PlayStation. Tak hanya itu, pria beretos kerja tinggi ini juga yang membuat Sony Pictures menjadi besar.

Seperti dikutip detikINET dari situs Sony, Senin (25/4/2011), salah satu peninggalan Ohga bagi perusahaan di balik PlayStation ini adalah perjuangannya untuk menekan pasar agar menggunakan media optik, seperti Compact Disk (CD).

Langkah strategis terus dilakukan Ohga di tahun 1994 untuk memperluas pasar CD, melalui konsol PlayStation. Salah satu imbasnya, dunia konsol setelah itu mulai meninggalkan cartridge dan beralih ke media optik. Alhasil, PlayStation pun langsung menjadi konsol nomor wahid dunia kala itu.

Norio Ohga meninggal di Tokyo karena kegagalan kesehatan pada organ tubuhnya. Sony pun langsung menebar berita duka ini. Sayonara Norio Ohga.




( fw / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment