Friday, April 29, 2011

Manjakan Telinga dengan Speaker Corsair SP2500

Jakarta - Belakangan Corsair memang mulai memasuki industri Audio. Setelah sukses dengan headphone gaming HS1, kini hadir juga SP2500. Speaker 2.1 yang sanggup memanjakan telinga penggunanya.

Corsair SP2500, merupakan seperangkat speaker yang dirancang untuk kebutuhan gamer. Melalui sepasang satelite dan sebuah subwoofer yang dimilikinya, produk ini bisa menyemburkan daya sebesar 232 watt. Cukup besar untuk membuat tetangga Anda melirik.

Desain Bongsor

Meski hanya berkonfigurasi 2.1 namun Corsair SP2500 hadir dengan ukuran yang terbilang besar. Kedua Satellite berukuran 10,8 x 12 x 15,9cm yang mampu memuntahkan daya sebesar 56 watt. Sedangkan subwoofer berukuran 46 x 25,8 x 29,7cm dengan daya 120 watt.



Kedua satellite yang dimikinya agak berbeda dari kebanyakan speaker lain, yakni hadir dengan kabel terpisah. Corsair juga mengklaim keduanya ditanamkan Digital signal processing (DSP) khusus sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik.

Selain pada kedua satellite, Subwoofer Corsair SP2500 juga dibenamkan DSP yang tak kalah hebat. Dipadukan dengan ukurannya yang besar ( 8 inchi), produk ini bisa menghasilkan nada rendah yang keras. Jadi sudah jelas, speaker ini siap digeber hingga menggetarkan seisi ruangan.

Produk ini juga hadir dengan kontroler kabel yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh fitur di dalamnya. Mulai tombol power, volume, hingga beberapa modus yang ada.



Melalui kontroler ini pengguna juga bisa mengatur tingkat suara bass dan beberapa pengaturan equalizer. Karena dirancang untuk gamer, maka di dalamnya juga ada equalizer khusus game First Person Shooter (FPS) dan Action. Namun yang paling spesial adalah Mod X, fitur ini biasa membuat menonton film kian terdengar menggelegar.

Selain itu di dalam kontroler ini pengguna bisa mendengerkan suara dalam berbagai simulasi kondisi, misalnya ingin serasa berada di Stadium, Theater, Club, Concert Hall, Karaoke, Late Night dan lainnya. 

Tak Hanya untuk Gamer



Speaker ini sejati dibuat untuk para gamer yang menginginkan suara berkualitas, namun sayang penggunaan konfigurasi 2.1 dirasa masih kurang memuaskan. Pasalnya, sebagian besar game sudah mendukung keluaran suara surround atau 5.1.

Namun jangan dulu kecewa, meski dirancang untuk gamer namun Corsair SP2500 justru malah lebih tepat digunakan oleh pecinta musik yang mementingkan kejernihan suara. Pada masing-masing satelite-nya terdapat sebuah tweeter untuk mengeluarkan nada tinggi.

Ketika dijajal detikINET untuk mendengarkan jenis musik Jazz, speaker ini mampu mereproduksi suara dengan sangat baik. Suara symbal terdengar renyah, dengan komposisi nada rendah yang tidak berlebihan. Cukup nendang, meski tidak terlalu ngebass. Sedangkan untuk musik jenis Rock, tak dipungkiri lagi jika suaranya begitu dahsyat.



Lantas bagaimana jika digunakan untuk menonton? Tak kalah hebat, namun lagi-lagi terbatas pada konfigurasi 2.1 yang dimilikinya. Tapi untuk sebagian pengguna hal ini justru menguntungkan. Alasannya, lebih ringkas dan mudah instalasi.

Baik musik, game, dan film masing-masing memiliki karakteristik suara yang berbeda, dan dengan fitur yang dimilikinya Corsair SP2500 mampu menghasilkan suara berkualitas ditiap penggunaannya.

Tapi bagaimana pun juga, pemilihan speaker sangatlah subjektif tergantung dari selera masing-masing pengguna. Jika senang dengan suara yang boomy, mungkin produk ini kurang cocok. Namun bagi pengguna yang mementingkan suara detail, lantang dan bertenaga, mungkin Corsair SP2500 bisa dijadikan rujukan. 

 

Kisaran harga: Rp 2,3 Juta

Spesifikasi Corsair SP2500:


  • Frequency response: 35Hz – 20kHz +/- 3dB
  • 232 Watts total power (measured via FTC “RMS” method)
  • Subwoofer dimensions: 18.1 x 10.2 x 11.7 inches (46 x 25.8 x 29.7 cm)
  • Satellite dimensions: 4.25 x 4.7 x 6.25 inches (10.8 x 12 x 15.9 cm)

Subwoofer:


  • 8" 120W (IEC60268-5 24hr continuous rating) subwoofer with durable rubber surround
  • Fourth-order closed bandpass enclosure design
  • Bridged dual 60 Watt class-D amplifiers with integrated DSP for 120 Watts of power (measured via FTC “RMS” method)
  • Ultra-efficient integral power supply with 100V – 240V AC input

Satellites:


  • Bi-amplified, two-way design with detachable audio cables
  • 3" 40W (IEC60628-5 24hr continuous rating) midrange drivers
  • 1" 16W (IEC60268-5 24hr continues rating) ferrofluid-cooled silk diaphragm tweeters
  • 56 Watts per satellite (measured via FTC 'RMS' method)
 




( eno / wsh )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment