Tuesday, April 26, 2011

Apple dan Google Didesak Jelaskan Pelacakan Data Lokasi

Jakarta - Komite Perdagangan dan Energi Amerika Serikat (AS) yang juga menangani masalah privasi, mengirimkan surat ke 6 pengembang sistem operasi mobile, termasuk d iantaranya Apple dan Google. Isinya, meminta kejelasan mengenai isu pelacakan lokasi pengguna.

Pada versi surat yang dikirimkan ke CEO Apple Steve Jobs, Komite menanyakan beberapa hal di antaranya, data lokasi apa yang dilacak, digunakan atau disimpan dan mengapa perangkat melacak, menggunakan, menyimpan atau membagi data tersebut.

Dilansir Wall Street Journal dan dikutip detikINET, Selasa (26/4/2011), Komite meminta agar semua pertanyaan tertulis itu dijawab sebelum 9 Mei 2011.

Selain Apple, surat yang sama dikirimkan juga oleh Komite ke Google, Microsoft, Nokia, Research in Motion (RIM), Hewlett-Packard (HP). Surat tersebut dibubuhi tanda tangan Ketua Komite Fred Upton dan empat anggota sub Komite lainnya.

Seperti diketahui, praktik rekam jejak pengguna di smartphone ini ramai dibicarakan sejak iPhone dikabarkan secara diam-diam merekam gerak-gerik penggunanya kemana pun mereka pergi.

Temuan peneliti keamanan Pete Warden ini kemudian berkembang dan mempertanyakan kemungkinan smartphone selain iPhone melakukannya juga. Penelitian berbeda pada ponsel berbasis Android, diketahui terdapat pula praktik pengintaian ini.

Namun baik Apple maupun Google, belum memberikan klarifikasi resmi soal ini. CEO Apple Steve Jobs, kabarnya telah menyangkal hal itu melalui balasan email seorang konsumen yang menanyakan langsung padanya. Tapi tetap saja, jawaban tersebut belum bisa dipastikan sebagai konfirmasi resmi dari Jobs.

Bagaimana dengan perusahaan lainnya? Microsoft pernah merespons blog teknologi Gizmodo yang bertanya langsung padanya. Kala itu Microsoft mengonfirmasikan bahwa detail pergerakan pengguna memang terekam di ponsel Windows Phone 7, namun disimpan ke storage pemilik akun WP7 sendiri, berdasarkan lokasi terakhir mereka berada.

Nokia melalui juru bicaranya menyebutkan data lokasi hanya disimpan di ponsel, dikirim atau dikumpulkan ketika pengguna memilih untuk menggunakan layanan tersebut. Sementara HP dan RIM belum pernah merespons isu ini.




( rns / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment