Friday, April 29, 2011

Pernikahan William & Kate Ancam Internet

Jakarta - Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton menyita perhatian dunia. Diperkirakan 2 miliar orang menyaksikan via televisi dan jutaan lagi melalui live streaming YouTube. Sampai-sampai dikhawatirkan, jaringan internet bisa terancam karenanya.

Dikutip detikINET dari PCMag, Jumat (29/4/2011), live streaming pernikahan di YouTube diprediksi disaksikan 400 juta pengunjung. Dikalkulasi, perlu bandwidth sampai 800 juta megabit transfer data per detik dengan asumsi video disaksikan dengan kualitas 720p.

"Meski tidak ada yang tahu kapasitas pasti fiber backbone internet, 800 juta megabit per detik akan menjadi tekanan terbesar yang dihadapi internet sejauh ini," kata Sebastian Anthony dari Extreme Tech.

Angka 400 juta itu memang jauh melebihi rekor pengunjung live streaming YouTube sebelumnya, yakni 10 juta pada siaran langsung konser U2 di 2009. YouTube sendiri belum mengungkap secara spesifik persiapan untuk mengantisipasi ledakan pengunjung.

Di samping YouTube, akan ada beberapa lagi live streaming even megah tersebut. Stasiun BBC misalnya, akan melakukan siaran langsung beberapa bagian pernikahan. Demikian juga media CNN dan ABC, serta beberapa stasiun yang lain.

Tidak cuma berkaitan dengan live streaming, para pengguna internet dipastikan bakal membanjiri dunia maya dengan limpahan postingan soal William & Kate. Dicemaskan, situasi ini bisa menumbangkan layanan berbagai situs populer seperti Twitter dan Google News.

Tumbangnya Twitter saat terjadi kejadian besar bukanlah sesuatu yang baru. Hal ini antara lain pernah terjadi kala kematian Michael Jackson pada tahun 2009.




( fyk / ash )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment