Thursday, April 28, 2011

Hati-Hati Jebakan Cyber di Pernikahan William-Kate

Jakarta - Pernikahan antara pangeran kerajaan Inggris, William, dengan Kate Middleton makin ramai dibicarakan. Pengguna internet perlu mewaspadai kemungkinan jebakan cyber dari hal itu.

Peringatan itu disampaikan perusahaan keamanan internet Norton dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (28/4/2011). Diduga, penjahat cyber juga akan memanfaatkan adanya event ini untuk mencari mangsa.

Peneliti dari Norton dikatakan telah menemukan adanya aktivitas berbahaya yang mengait-ngaitkan diri dengan pernikahan tersebut. Contohnya, beberapa kata kunci pencarian diketahui telah disusupi penjahat cyber.

Kata kunci itu termasuk: Royal wedding gown sketches, Royal wedding guest list 2011, Royal wedding time, William and Kate movie cast, Prince Charles last name, Royal wedding official merchandise dan Royal wedding.

Berikut adalah hal-hal yang patut dilakukan pengguna internet untuk menghindari para penjahat cyber:

Berpikir sebelum mengklik. Waspadai email atau link dengan janji-janji menggiurkan, seperti 'bocoran' rekaman, 'skandal' atau yang mengaku memiliki informasi 'rahasia'.

Gunakan situs yang sudah diketahui aman. Ini termasuk situs resmi pernikahan tersebut atau situs berita terkemuka yang memang menyediakan liputan khusus acara tersebut.

Gunakan software keamanan terpercaya. Norton menyebutkan beberapa piranti gratis seperti Norton Safe Web Lite dan Norton Safe Web for Facebook untuk membantu mengamankan komputer.



( wsh / wsh )

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment