Thursday, November 3, 2011

Bill Gates Bunuh Tablet Dua Layar Microsoft

Bill Gates 'Bunuh' Tablet Dua Layar Microsoft

Jakarta - Awal tahun 2010, Microsoft sejatinya punya proyek komputer tablet dua layar yang dijuluki Courier. Tablet yang tampak inovatif ini akhirnya dihentikan oleh pendiri Microsoft, Bill Gates. Apa alasannya?

Menurut laporan media Cnet, kala itu ada dua proyek tablet yang sedang dikembangkan petinggi Microsoft. Tablet pertama adalah Courier oleh J. Allard, sosok yang dikenal sebagai godfather Xbox. Sedangkan tablet lainnya dikembangkan Steven Sinofsky, Head of Microsoft Windows.

CEO Microsoft Steve Ballmer, bingung memilih tablet mana yang akan dipilih untuk dikembangkan lebih lanjut. Sulit memang karena dua tokoh di atas adalah orang penting di Microsoft dan kedua tablet tersebut sama-sama bagus.

Ballmer akhirnya minta saran, siapa lagi kalau bukan pada Bill Gates. Gates pun bertemu dengan Allard untuk melihat seperti apa kebolehan Courier. Pada dasarnya, tablet itu ditujukan untuk hiburan dan tidak mendukung aplikasi andalan Microsoft seperti Office atau Exchange.

"Ini yang membuat Bill 'alergi'," ungkap seorang sumber internal yang detikINET kutip dari The Register, Kamis (3/11/2011).

Rupanya, Gates ingin tablet itu mendukung Office dan berbagai aplikasi Microsoft lain. Dan OS Courier, meski berbasis Windows, memiliki user interface yang sungguh berbeda.

Akhirnya proyek Microsoft Courier dihentikan meskipun saat itu, iPad sudah mulai dipasarkan Apple dan akhirnya sukses besar. Microsoft memilih fokus membuat tablet Windows 8 yang mungkin baru akan keluar di tahun 2012.



( fyk / ash )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment