Sunday, October 2, 2011

Ribuan Fotografer Serbu Ancol di Canon PhotoMarathon

Ribuan Fotografer Serbu Ancol di Canon PhotoMarathon

Jakarta - Ajang fotografi Canon PhotoMarathon ke-3 kembali digelar. Sebanyak lebih dari 1.800 peserta antusias membidikkan kameranya di Ecopark Taman Impian Jaya Ancol hari Sabtu (1/10/2011).

Kali ini Canon membawa tema besar 'Green'. Sebelumnya di tahun pertama Canon mengambil tema 'budaya',serta tahun kedua 'arsitektur&gaya hidup' yang masing-masing diadakan di Kota Tua dan Central Park.

Jajaran nama yang sudah tidak diragukan lagi reputasinya di kancah fotografi-pun didapuk sebagai juri. Sebut saja Nicky Loh-Fotografer Profesional (Singapura), E. Tigor Siahaan, Don Hasman yang akan menilai foto di kategori DSLR, sedang di kategori kamera pocket ada Samuel Sunanto, Misbachul Munir dan M. Rustam.

"Kami mengadakan ajang ini untuk lebih memasyaratkan fotografi pada masyarakat," ujar Merry Harun selaku Director DataScrip, distributor resmi Canon di Indonesia.

"Tahun ini Canon PhotoMarathon ada di 2 kota yakni Jogja (Candi Prambanan) serta Jakarta (EcoPark Ancol) dan untuk tahun depan kami akan menambah 1 kota lagi," tambah Merry saat ditemui detikINET di sela-sela acara meski dirinya belum menyebutkan kota yang dimaksud.

Canon PhotoMarathon sendiri selain diadakan di Indonesia, ia juga diadakan di beberapa negara di Asia seperti Singapura dan Malaysia.

Selain hunting foto, peserta di ajang ini juga bisa mengikuti sesi foto model, dan dimanjakan oleh berbagai hiburan. Mereka juga bisa mengikuti seminar fotografi oleh fotografer profesional sekaligus pendiri FotograferNet, Kristupa W. Saragih. Meski diterpa panas, terlihat ribuan peserta CPMI 2011 tetap antusias mengikuti setiap sesinya.

Menurut Kristupa Saragih, foto yang didaftarkan oleh peserta di ajang ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan yang dimaksud ialah dari sisi ide, di mana ide-ide baru dalam pengambilan gambar banyak bermunculan.

Kristupa sendiri dalam perbincangan dengan detikINET mengatakan, sebuah foto haruslah membawa inspirasi alias bukan hanya bagus saja. “Foto bagus tidaklah cukup, namun ia harus menginspirasi,” ujarnya .

Dan akhirnya setelah melalui proses penjurian, ajang tersebut telah mendapatkan juaranya yakni Arif Wicaksono dan Herman Layanto di kategori kamera saku, sedang di kategori DSLR pemenangnya adalah Rus Mulyadi dan Liung Shgyh.

Ajang fotografi yang diklaim sebagai terbesar di Indonesia dan Asia ini nantinya akan memboyong 2 orang pemenang utama tersebut keTasmania Australia serta Bali untuk mengikuti Photo Clinic selama 8 hari.




( sha / fyk )

Sumber detik com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

Post a Comment